get app
inews
Aa Read Next : Bulan Ramadan, BPJamsostek Cabang Medan Kota Bagikan 100 Paket Takjil

Tradisi Warga Tasikmalaya Jelang Bulan Puasa, Ramai-Ramai Tangkap Ikan di Kolam Besar

Kamis, 07 Maret 2024 | 16:00 WIB
header img
Tradisi Warga Tasikmalaya Jelang Bulan Puasa, Ramai-Ramai Tangkap Ikan di Kolam Besar. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat tradisi warga Tasikmalaya, Jawa Barat, menjelang bulan puasa yang menarik untuk diulas. Hal itu rutin dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap tahunnya.

Tinggal menghitung hari umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadan. Di Indonesia, momen Ramadan disambut antusiasme oleh masyarakat. Bahkan ada tradisi unik di beberapa daerah untuk menyambut Ramadan.

Tradisi atau kebiasaan ini sudah dilaksanakan secara turun-temurun, dan menciptakan suasana akan datangnya bulan suci di mana seluruh umat Islam melaksanakan puasa.

Salah satunya adalah di Desa Sindangasih Cikatomas Tasikmalaya yang memiliki tradisi unik menangkap ikan sebelum bulan puasa. Tradisi ini juga disebut sebagai ngagubyag balong.

Jelang puasa, seluruh warga di desa berbondong-bondong ke satu kolam ikan besar. Mereka ramai-ramai menangkap ikan. Tradisi ini sudah ada turun temurun dan tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Warga menaruh banyak ikan di kolam besar, kemudian semua warga di desa tersebut masuk ke kolam sambil menangkap ikan dengan tangan kosong.

Ngagubyag balong dimaknai sebagai tradisi sekaligus rekreasi warga Desa Sindangasih Cikatomas Tasikmalaya. Dikutip dari YouTube Sisi Tasik, tampak keseruan saat warga menangkap ikan. Anak-anak juga bahagia saat menangkap ikan. Ikan yang ada di dalam kolam tidak hanya ikan lele, tapi juga ikan mas hingga ikan patin. Tradisi ini tentunya selalu ditunggu-tunggu warga desa setiap tahun.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut