get app
inews
Aa Read Next : Bocah Panjat Tower Setinggi 40 Meter di Mamuju, Berhasil Dievakuasi gegara Dibujuk dengan HP

Ini 7 Cara Nabung Buat Beli Gadget Idaman, Nomor 1 Tetapkan Tujuan yang Realistis

Kamis, 01 Februari 2024 | 09:00 WIB
header img
Ini 7 Cara Nabung Buat Beli Gadget Idaman, Nomor 1 Tetapkan Tujuan yang Realistis. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas cara nabung buat beli gadget idaman. Salah satunya, tetapkan tujuan yang realistis.

Di era digital yang semakin maju seperti sekarang, Hp telah menjadi alat komunikasi dan sumber informasi yang dapat diakses hingga ke belahan dunia. Maka, tak heran banyak orang yang tidak bisa bepergian tanpa ponsel pintar ini.

Walaupun ukurannya hanya segenggam tangan, namun fitur di dalamnya sangat beragam dan bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja, menonton film, mendengarkan musik, hingga menjadi sarana belajar yang praktis bagi penggunanya. Tetapi, karena harganya yang terbilang mahal, inilah beberapa tips tambahan yang dapat membantu siapa saja untuk menabung agar dapat membeli Hp. 

1. Tetapkan Tujuan yang Realistis 

Langkah awal adalah menentukan tujuan secara spesifik, termasuk jenis, merek dan  model ponsel yang ingin Anda beli, serta berapa banyak uang yang perlu Anda tabung. Pastikan tujuan tersebut sesuai dengan anggaran keuangan Anda.  

2. Buat Rencana Tabungan yang Terperinci 

Buat rencana keuangan yang mencakup pemasukan, pengeluaran, dan tetapkan jumlah uang yang akan Anda sisihkan setiap hari, mingguan ataupun bulanan untuk tabungan Hp.

Contohnya, jika Anda ingin membeli Hp merek X seharga Rp5 juta dalam kurun waktu 3 bulan, maka Anda harus menyisihkan uang setiap bulannya sebesar Rp1,7 juta agar dapat membeli HP tersebut. 

3. Hindari Perilaku Konsumtif 

Kebiasaan membeli barang yang tidak diperlukan akan memangkas pengeluaran dan tabungan Anda. Sifat konsumtif timbul karena keinginan sesaat untuk membeli barang demi memenuhi nafsu dan gengsi semata, bukan karena barang itu dibutuhkan.

Maka, tinjau kebiasaan pengeluaran Anda dan cari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Ini akan memberikan lebih banyak uang untuk ditabung. 

4. Prioritaskan Tabungan 

Cara nabung buat beli Hp selanjutnya adalah menentukan prioritas. Jadikan tabungan untuk ponsel sebagai prioritas dalam anggaran Anda. Sisihkan sejumlah uang pada setiap periode gaji sebelum menghabiskannya untuk pengeluaran lainnya.

Kemudian, simpan uang receh atau uang kembalian ke dalam tabungan manual, hal itu bisa menjadi tambahan dan membiasakan hidup hemat dengan menabung dari jumlah yang sedikit. 

5. Cari Kesempatan untuk Tambahan Pendapatan 

Pertimbangkan untuk mencari kesempatan tambahan untuk meningkatkan pendapatan, seperti pekerjaan sampingan, menjual barang yang tidak terpakai, atau melakukan pekerjaan lepas. Uang yang Anda hasilkan dari penjualan tersebut dapat digunakan untuk tabungan ponsel. 

6. Cari Penawaran dan Diskon 

Jika Anda telah menentukan merek dan model ponsel yang ingin dibeli, pantau penawaran, promosi, atau diskon yang mungkin tersedia dari berbagai toko atau operator seluler. Terkadang, Anda bisa mendapatkan promo yang signifikan atau paket bundling yang menguntungkan. Belanja cerdas untuk mendapatkan harga terbaik. 

7. Bersabar dan Disiplin 

Nabung untuk membeli ponsel memerlukan kesabaran dan disiplin. Tetap fokus dan konsisten dengan rencana tabungan Anda dan hindari godaan untuk menghabiskan uang tabungan pada hal-hal lain.

Nah, itulah cara nabung buat beli HP ala iNews id. Yuk, mulai sekarang terapkan hidup hemat!

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut