get app
inews
Aa Read Next : Kronologi Bocah Hanyut di Sungai Bah Bolon, Sempat Dilarikan ke Puskesmas Sebelum Meninggal

Kronologi 20 Warga Ciomas Diduga Keracunan Ikan Tongkol

Sabtu, 13 Januari 2024 | 10:00 WIB
header img
Kronologi 20 Warga Ciomas Diduga Keracunan Ikan Tongkol. (Foto: Dok Satpol PP/Putra R)

BOGOR, iNewsMedan.id - Sebanyak 20 warga diduga keracunan makanan saat menyantap ikan tongkol di Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Kasie Trantib Satpol PP Kecamatan Ciomas Marimbun Tua Gultom mengatakan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 13.00 WIB. Berawal ketika warga menggelar makan bersama secara prasmanan.

"Mereka punya program makan bersama hari Jumat dan yang memasak anggota DKM setiap hari Jumat, kebetulan hari ini menunya tongkol basah oleh yang masak dipesmol ceritanya begitu," kata Gultom kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Setelah makan, terdapat sekitar 20 orang mengalami gejala mual dan panas. Mereka langsung dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

"Setelah dilakukan perawatan di Puskesmas 16 orang udah boleh pulang ke rumah karena sudah dinyatakan normal, yang 4 orang lagi dirujuk ke RS Ummi sama RSUD Kota Bogor 3 orang," ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Ciomas Kompol Iwan Wahyudi membernarkan adanya kejadian tersebut. Belum diketahui secara pasti dari peristiwa ini, tetapi diduga mereka keracunan dari olahan ikan tongkol.

"Kalau penyebab pasti kita belum bisa, karena nanti ahlinya. Dugaan sementara karena ikan tongkol, sampel makanan sudah dibawa oleh Puskesmas untuk dilakukan uji laboratorium," ucap Iwan.

Untuk saat ini, 19 warga yang diduga mengalami keracunan itu sudah kembali pulang ke rumah dan tersisa 1 orang di RSUD Kota Bogor. Polisi tengah mengumpulkan keterangan saksi-saksi termasuk yang memasak olahan ikan tongkol tersebut.

"Tidak semua yang makan (diduga) keracunan. Yang buat makanan itu lagi kami mintai keterangan, dia sudah tiga tahun masak tetapi baru kali ini seperti ini. Untuk warga tinggal 1 orang di RSUD Kota Bogor, yang lainnya sudah pulang ke rumah," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut