get app
inews
Aa Read Next : Oknum Sipir di Mandailing Natal Cekik Anak SD, LBH Madina Yustisia: Pelaku Harus Dihukum Maksimal

Perkuat Tugas dan Fungsi, Kakanwil Kemenkumham Sumut Kunjungi Rutan Humbahas

Kamis, 11 Januari 2024 | 18:45 WIB
header img
Perkuat Tugas dan Fungsi, Kakanwil Kemenkumham Sumut Kunjungi Rutan Humbahas. (Foto: Istimewa)

HUMBAHAS, iNewsMedan.id - Kakananwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara, Muhammad Jahari Sitepu melakukan kunjungan kerja ke Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam rangka penguatan tugas dan fungsi pemasyarakatan. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan instruksi kepada seluruh petugas Rutan Humbahas.

Dalam kunjungan tersebut, Kakanwil Sumut disambut oleh Kepala Rutan Kelas IIB Humbahas, beserta pejabat struktural dan seluruh petugas Rutan. Di hadapan mereka, Kakanwil Sumut menyampaikan arahan mengenai penguatan tugas dan fungsi pemasyarakatan.

Salah satu arahan yang disampaikan adalah pentingnya izin tertulis dari Karutan bagi warga binaan yang akan keluar rutan. Selain itu, Kakanwil juga meminta petugas untuk memeriksa setiap barang yang masuk dan keluar rutan.

"Saya tegaskan, siapapun warga binaan yang keluar Rutan harus seizin Karutan secara tertulis. Periksa setiap barang yang masuk dan keluar Rutan," kata Jahari, Kamis (11/1/2024).

Selain itu, Kakanwil juga memberikan beberapa instruksi kepada seluruh petugas, antara lain tidak boleh meninggalkan tempat tugas tanpa izin dari atasan, melaksanakan tugas pengamanan sesuai peraturan yang berlaku, melakukan penanggulangan berita negatif di media sosial, memastikan seluruh warga binaan mendapatkan hak pilih pada Pemilu 2024, berkoordinasi dengan APH dalam menurunkan jumlah tahanan overstay, dan mempercepat pelaksanaan pembangunan di 9 UPT Pemasyarakatan.

Setelah memberikan pengarahan, Kakanwil juga turun langsung untuk meninjau proses pembangunan yang sedang berlangsung di Rutan Humbahas. Dia mengingatkan seluruh petugas untuk bekerja sama dalam membangun Rutan ini dan memastikan tidak ada yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Sama-sama kita bangun Rutan Humbahas ini. Saling bersinergi antar satu sama lain. Saya tegaskan kembali jangan ada yang bermain dengan narkoba," tegas Jahari.

Kunjungan kerja Kakanwil Kemenkumham Sumut ini diharapkan dapat memperkuat tugas dan fungsi pemasyarakatan di Rutan Humbang Hasundutan serta meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas di antara seluruh petugas.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut