get app
inews
Aa Read Next : Ditanya Kapan Sowan ke Megawati, Prabowo Malah Doakan Timnas Indonesia U23 Jelang Lawan Korsel

Anies Runtuhkan Pendapat Prabowo soal Kerja Sama Selatan-Selatan: Bisa Dicari di Google

Minggu, 07 Januari 2024 | 21:16 WIB
header img
Debat capres 2024. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsMedan.id - Dalam debat capres 2024, Prabowo Subianto berbicara mengenai peran Indonesia dalam geopolitik kawasan selatan-selatan. Ia mengatakan bahwa Indonesia dapat menjadi contoh bagi negara-negara berkembang lainnya dalam membangun ekonomi dan demokrasi.

Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1, menilai bahwa pernyataan Prabowo tidak tepat. Ia mengatakan bahwa peran Indonesia di selatan-selatan tidak hanya sebatas membangun ekonomi dan demokrasi, tetapi juga merangkul negara-negara berkembang lainnya.

Anies mencontohkan apa yang dilakukan oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Ali Sastroamidjojo dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955. KAA merupakan forum yang mempertemukan negara-negara Asia dan Afrika untuk memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan mereka.

Anies mengatakan bahwa Indonesia harus membawa agenda selatan-selatan, bukan hanya menceritakan agendanya sendiri. Ia juga mengatakan bahwa semua orang dapat membaca melalui Google apa yang telah dilakukan Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut