get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Tegaskan Dukung Govtech Indonesia ke Presiden Jokowi

Pemerintah Resmi Luncurkan Bansos Beras 10 Kg, Tercatat Ada 22 Juta Keluarga Penerima Manfaat

Kamis, 04 Januari 2024 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Pemerintah resmi meluncurkan bantuan sosial (bansos) beras 10 kilogram (kg). Bantuan itu diberikan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran perdana bansos beras 2024 ini diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (2/1/2024) di Cilacap. Lalu dilanjutkan pada di Banyumas dan Tegal Jawa Tengah pada hari ini, Rabu (3/1/2024).

Jokowi memastikan bansos beras 10 Kg disalurkan Perum Bulog dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Januari, Februari, dan Maret 2024. Bahkan, bisa dilanjutkan pada April, Mei, Juni bila Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) memungkinkan.

"Paling penting beras bantuan pangan Januari sudah bisa diterima hari ini, dan akan dilanjutkan untuk bulan Februari dan Maret. Nanti akan dilihat lagi kalau APBN-nya memungkinkan akan ditambah April, Mei Juni,” ujar Jokowi saat membagikan bantuan pangan beras di Tegal (3/1/2024).

Senada, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, bantuan pangan beras 2024 terdapat perubahan database penerima bantuan. Di mana, penerima bansos tahun ini mengacu pada data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dengan menggunakan data Penasaran Percepatan penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Menurutnya, validitas data cukup kuat sehingga 22 juta KPM yang menjadi penerima bantuan pangan beras tahun ini merupakan kelompok masyarakat yang sangat perlu dibantu.

“Bantuan pangan beras di tahun 2024 ini menandai dimulainya penggunaan data P3KE dari Kemenko PMK. Kita yakin tahun ini bisa lebih tepat sasaran,” katanya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut