get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Mal Centre Point Disegel Bobby Nasution Akibat Tunggak Pajak Rp250 Miliar

Pemko Medan Sebut Seluruh Kontraktor Telah Kembalikan Uang Proyek Lampu Pocong

Jum'at, 29 Desember 2023 | 20:29 WIB
header img
Pemko Medan Sebut Seluruh Kontraktor Telah Kembalikan Uang Proyek Lampu Pocong. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pemko Medan bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan berhasil menagih uang proyek gagal lampu pocong senilai Rp21 miliar kepada 6 orang kontraktor.

Setelah 7 bulan proyek itu dinyatakan total loss, akhirnya seluruh kontraktor telah mengembalikan dana tersebut pada Jumat (29/12/2023).

Kapala Kejari Medan, Muttaqin Harahap mengatakan dalam persoalan ini pihaknya diminta Pemko Medan untuk membantu menagih pengembalian uang terhadap 3 kontraktor.

"Alhamdulillah pada hari ini, 3 perusahaan yang belum mengembalikan (uangnya) telah beritikad baik, untuk mengembalikan dengan  jumlah total keseluruhan sebesar 7.852.233.756," ujar Muttaqin saat press conference pengembalian uang lampu pocong di Kejari Medan.

Kata Muttaqin sebelumnya kontraktor yang lain juga telah mengembalikan uang ke Pemko Medan, sebesar Rp 12 Miliar lebih. Jadi ditambah dengan pengembalian dari 3 kontraktor lainnya, maka pengembalian uang lampu pocong telah lunas.

Pihaknya pun langsung memberikan uang berhasil mereka tagih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk selanjutnya dikembalikan ke kas negara.

"Selanjutnya pada hari ini, kami akan menyerahkan pengembalian ini kepada Pemko Medan untuk disetorkan ke kas daerah Kota Medan," ujarnya.

Sementara itu Bobby Nasution menyampaikan apresiasi kepada Kejari Medan karena telah membantu penagihan uang ke para kontraktor. Bobby mengatakan uang tersebut dari kejaksaan tersebut akan langsung disetorkan ke Bank Sumut sebagai kas daerah.

Menantu Presiden Joko Widodo ini menjelaskan langkahnya meminta uang pengembalian ke para kontraktor bukan semata-mata karena persoalan ini sempat viral. Tapi secara mutu, pengerjaan proyek tersebut memang tidak berkualitas.

"Mungkin teman-teman bisa melihat secara fisiknya kalau kita lihat kemarin hujan, ada angin kencang sedikit, roboh itu barang, ada yang ditabrak kemarin dengan kendaraan ditabrak mobil, roboh langsung. Nah ini harusnya kalau (bagus) speknya, mungkin hal ini tidak tidak akan terjadi," katanya.

Kata dia, itu menjadi salah satu indikator dari Pemko Medan menyebut proyek lampu pocong ini total loss. Dia juga mengatakan langkahnya meminta kontraktor mengembalikan uang tender mungkin yang pertama di Kota Medan.

Selanjutnya dia memohon terus kerjasama kepala forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Medan, untuk membantunya menjalankan pembangunan di Kota Medan.

"Terima kasih karena terus membersamai kami, dalam benar benar melaksanakan tugas kami, Pemkot Medan, bagaimana uang rakyat, benar benar- bisa kami peruntukkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut