get app
inews
Aa Read Next : Hari Pertama F1H2O Danau Toba, Tim Medis Dinkes Sumut Rawat 9 Pasien

Kasus Covid-19 di Sumatera Utara Meningkat, Kadinkes Sumut: Peningkatan  Sejak 2 Hari Lalu 

Jum'at, 22 Desember 2023 | 19:03 WIB
header img
Kasus Covid-19 di Sumatera Utara Meningkat (net)

Sementara itu, RSUPH Adam Malik sudah mulai merawat pasien Covid-19 sejak awal Desember, dan saat ini ada 13 orang yang masih dirawat. 

Dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), Direktur Utama RSUPH Adam Malik, mengatakan bahwa pasien masuk secara bertahap dan saat ini ada 6 orang yang dirawat di ruangan. 

" Dari 6 pasien tersebut, 5 di antaranya dinyatakan positif Covid-19 dan 1 masih menunggu hasil uji PCR sebagai pasien suspek," ungkapnya.

Zainal juga menjelaskan bahwa masyarakat sudah mulai peduli terhadap vaksin, namun masih ada yang belum mendapatkan vaksin lengkap, terutama vaksin booster yang seharusnya diberikan 2 kali. 

"RSUPH Adam Malik telah berkoordinasi dengan Dinkes untuk menyediakan vaksin dan booster bagi orang yang belum lengkap. Rencananya, pelayanan vaksinasi akan dibuka setiap hari di RSUPH Adam Malik dalam waktu dekat," ucap Zainal. 

Selain itu, Zainal juga mengungkapkan bahwa sebagian besar pasien Covid-19 yang dirawat memiliki komorbiditas, seperti diabetes dan gangguan paru-paru. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki komorbiditas untuk melindungi diri dengan menggunakan masker saat berkunjung ke tempat ramai atau berpergian ke luar negeri. 

"Selain itu, bagi yang belum divaksinasi lengkap, diharapkan melakukan vaksinasi segera," pungkas Zainal.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut