get app
inews
Aa Read Next : Resmikan Rumah Pemenangan, Freddy Siahaan Jadi Barometer Demokrasi Politik Sumut dari Siantar

Pesona Sungai Lobang di Pematang Siantar, Kolam Besar dengan Kedalaman 50 Meter

Minggu, 03 Desember 2023 | 21:00 WIB
header img
Pesona Sungai Lobang di Pematang Siantar, Kolam Besar dengan Kedalaman 50 Meter. (Foto: Instagram @travelmatesiantar)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat sungai yang menjadi destinasi wisata di salah satu desa di Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut). Tempat ini juga menyuguhkan pemandangan alam menarik bagi wisatawan.

Ya, Sumut tidak hanya memiliki objek wisata Danau Toba yang memesona. Jika berkunjung ke Sumut, singgahlah ke Desa Kerasan, Pematang Siantar.

Di desa ini terdapat sungai cantik dengan air yang sangat jernih kebiruan. Keunikan dari sungai tersebut adalah ada lubang di bagian tengah. Penasaran, seperti apa keindahan Desa Kerasan yang punya sungai cantik tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (27/11/2023).

Kampung Unik di Sumatera Utara

Desa kecil yang ada di kota terbesar kedua di Sumut ini mempunyai pesona alam yang cukup unik. Nama objek tersebut adalah pemandian Alam Sungai Lobang atau masyarakat sekitar menyebutnya Sunglo atau Umbul.

"Sungai Lobang. Sungai Yang berbeda dengan sungai pada umumnya.. Liat donk gaess air sungainya bening kaliii, udah gitu airnya berwarna biru lagi kek air laut gitu.. Eitss warna airnya bukan editan ya," tulis Instagram @visit_sumut.

Sungai Lobang merupakan Kolam Besar yang memiliki air bersumber dari mata air yang begitu bersih dan jernih. Disebut sebagai Sungai Lobang, karena di tengah kolam ini terdapat lubang besar yang dalamnya mencapai 50 meter lebih.

Daya Tarik Sungai Lobang

Menurut cerita dari penduduk setempat, Sungai Lobang terbentuk sekitar 100 tahun lalu akibat letusan dari bawah tanah. Hasil letusan tersebut kemudian menjadi lubang mata air yang begitu besar. Kedalamannya belum pernah ada yang mencoba mengukur.

Lubang tersebut kemudian dijadikan nama sungai. Tepat di lubang tersebut, air berwarna biru tua. Sementara di bagian lain sungai, air berwarna biru langit. Kedalaman sungai, selain lubang tersebut, sekitar dua meter. Tak hanya terlihat eksotis, Sungai Lobang juga dikenal angker. Jika ada yang ingin mandi dengan niat yang tidak bagus. Konon katanya, orang tersebut akan tenggelam.

Berada di sungai ini, jangan lewatkan untuk berswafoto. Anda bisa berfoto di antara bebatuan, sungai hingga pepohonan. Lokasi Sungai Lobang terletak di Desa Kerasaan, sekitar 45 menit dari Kota Pematangsiantar.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut