get app
inews
Aa Read Next : UNESCO Beri Kartu Kuning kepada Geopark Kaldera Toba, Pengelolaan Dinilai Minim

Deretan 5 Taman Nasional Indonesia Jadi Situs Warisan Dunia, Nomor 1 Ditetapkan UNESCO Tahun 1999

Kamis, 30 November 2023 | 12:00 WIB
header img
Taman Nasional Lorentz di Papua (Instagram @lorentznationalpark_official)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat 55 Taman Nasional yang dimiliki oleh Indonesia. Di mana, beberapa taman nasional ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Kawasan ini sebagai tempat untuk menaungi habitat flora dan fauna menjadi bagian yang penting dan berkontribusi dalam menjaga keseimbangan alam. Di antara banyaknya taman nasional tersebut, ada beberapa taman nasional Indonesia yang jadi situs warisan dunia, dikutip dari laman Instagram Pesona Indonesia, Sabtu (25/11/2023).

1. Taman Nasional Lorentz

Taman nasional yang pertama adalah taman nasional Lorentz yang berada di Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Taman nasional Lorentz ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 1999, karena memiliki keanekaragaman hayati terlengkap se-Asia Pasifik dan menjadi adi salah satu kawasan di dunia yang memiliki gletser (bongkahan es) di daerah tropis. Wah sangat mengagumkan bukan? Terdapat lebih dari 70 persen populasi burung yang ada di Papua tinggal di kawasan ini. Terdapat juga Burung Endemik dengan 45 spesies burung yang hanya dapat ditemui di sini.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di kawasan Banten, Jawa Barat. Taman ini menjadi jadi habitat konservasi satwa langka yaitu spesies badak Jawa bercula sat dan satwa liar lainnya seperti kera ekor panjang, merak, dan ow Jawa. Ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1991.

3. Taman Nasional Komodo

Selanjutnya ada Taman Nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur. Sejak 1991, UNESCO telah menetapkan tempat ini sebagai situs warisan dunia karena menjadi tempat tinggal bagi hewan purba komodo. Taman ini terdiri atas tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Tak hanya komodo yang menarik perhatian wisatawan, akan tetapi biota bawah lautnya yang luar biasa indah.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

Tahun 2004, UNESCO menetapkan taman Gunung Leuser menjadi situs warisan dunia. Taman Nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang dikelilingi oleh hutan lebat khas hujan tropis. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki fungsi sebagai sistem perlindungan ragam jenis hayati beserta ekosistemnya dan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari. Taman Nasional Gunung Leuser terletak di Aceh dan dapat dijelajahi menggunakan sampan kecil menyusuri sungai sepanjang kawasan gunung Leuser.

5. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat menjadi rumah bagi sekitar 4.000 spesies tumbuhan seperti Rafflesia arnoldi bahkan memiliki danau kaldera (lubang besar) terdalam di Asia Tenggara yaitu Danau Gunung Tujuh. Taman Nasional ini oleh UNESCO ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada 2004. Selain itu, Anda akan menemukan sumber mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua, air terjun dan lainnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut