get app
inews
Aa Read Next : Kejuaraan 8 Cabor Piala Wali Kota Medan Diharapkan Melahirkan Atlet Berkualitas

Mencintai Dunia Olahraga, Menghantarkan Hasanah Pada Kejuaraan Berskala Nasional

Jum'at, 10 November 2023 | 16:38 WIB
header img
Presenter, Nurhasanah. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Dunia olahraga bukanlah milik pria saja. Dari banyaknya bidang keahlian, olahraga menjadi salah satu yang memiliki banyak peminat, baik dari kalangan pria maupun wanita. Begitupun yang dirasakan Hasanah. Nurhasanah merupakan sosok perempuan cantik yang sejak duduk di bangku SMA sudah aktif terlibat dalam perlombaan-perlombaan nasional cabang olahraga.

Nurhasanah atau yang kerap dipanggil Hasanah merupakan seorang perempuan muda berbakat yang memiliki segudang prestasi. Saat ini, ia aktif sebagai seorang presenter yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU. Walau lahir dari latar belakang yang bertolak belakang dengan kegiatan yang berbau olahraga, namun olahraga menjadi salah satu bidang yang meraih pencapaian terbanyak dalam perjalanan hidup Hasanah. Sejak SMA, Hasanah tergabung dalam organisasi atlet di SMAN 16 Medan. Untuk semakin mengembangkan kecintaanya pada dunia olahraga, Hasanah tergabung dalam Yayasan Jantung Indonesia (YJI), tepatnya dalam bidang Klub Jantung Remaja (YJR).

Yayasan Jantung Indonesia merupakan sebuah lembaga yang fokus pada peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pemasyarakatan Panca Usaha Jantung Sehat. Yayasan Jantung Indonesia sendiri menaungi banyak bidang salah satunya Klub Jantung Remaja (KJR) yang diikuti oleh Hasanah.

Semasa duduk di bangku SMA, Hasanah berhasil berangkat dalam ajang perlombaan Festival Olahraga Nasional (FORNAS) 2015 di Bali. Hasanah dengan empat temannya berangkat sebagai kontingen Sumatera Utara untuk bertarung di skala nasional.
 
“Dulu pas masih SMA, Kakak jadi salah satu peserta yang ikut FORNAS di Bali. Karena Kakak tergabung di organisasi atlet sekolah, kakak terpilih untuk ikut seleksinya. Seleksinya sendiri dilakukan dengan melibatkan seluruh siswa/I SMA yang ada di Medan ini. Jadi, cukup ketat sampai lima orang berhasil berangkat dan membawa nama Sumatera Utara,” terang Hasanah.

Festival Olahraga Nasional (FORNAS) sendiri merupakan event tahunan YJI yang dilakukan dengan melibatkan seluruh komunitas YJI di setiap region wilayahnya. Selain pada FORNAS 2015, Hasanah juga berhasil menjadi kontingen Sumatera Utara untuk FORNAS 2019 dan berhasil meraih juara dua ketika duduk di bangku kuliah dan yang terbaru FORNAS 2023 di Bandung.

“YJI itu rutin buat event-event nasional, salah satunya FORNAS. Semenjak Kakak join YJI sedari SMA, Kakak udah tiga kali berangkat untuk FORNAS. Dan Alhamdulillah, kakak berhasil membawa kemenangan paling tidak yang terakhir ini juara harapan 3 untuk cabang lomba senam,” ungkap Hasanah.

Tak dapat ditampik, kecintaan Hasanah pada dunia olahraga sudah membawa dia pada banyak pencapaian dan prestasi hingga ajang perlombaan nasional. Walau saat ini Hasanah aktif di depan layar kaca sebagai seorang presenter, namun Hasanah membuktikan bahwa dia juga mampu bersaing dalam bidang lain yang dia geluti.

“Ngga peduli latar belakang kita apa, selagi kita punya kemampuan akan satu hal, ayo dikembangkan. Modal niat aja, kalian bisa dapat banyak manfaat bagi diri kalian. Apalagi di era sekarang ini, manfaatin waktu sebaik-baiknya, kita ngga tau rezeki itu datangnya dari mana. Selagi mampu dan kamu niat, ayo pergunakan waktu untuk hal yang positif,” harapnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut