get app
inews
Aa Read Next : Orangutan Haven Gelar Pameran dan Kompetisi Pemodelan Bambu

BBKSDA Sumut Kembalikan 6 Orangutan dan Satwa Dilindungi ke Habitat Asli

Senin, 16 Oktober 2023 | 17:44 WIB
header img
BBKSDA Sumatera Utara baru-baru ini melepaskan 6 individu Orangutan dan sejumlah satwa dilindungi ke habitat aslinya. (BKSDA Sumut)

MEDAN, iNewsMedan.id - BBKSDA Sumatera Utara baru-baru ini melepaskan 6 individu Orangutan dan sejumlah satwa dilindungi ke habitat aslinya. 

Adapun satwa yang dikembalikan yakni satu individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) bernama Kriwi. Dia  dikembalikan ke kawasan Suaka Margasatwa Siranggas di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara pada tanggal 12 Oktober 2023. 

Tindakan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung pemulihan populasi satwa liar dan memperkuat pengelolaan kawasan konservasi di tingkat lokal. 

Kriwil, Orangutan yang dilepaskan, sebelumnya menjalani rehabilitasi di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO) Batu Mbelin karena mengalami interaksi negatif dengan manusia dan satwa liar di daerah Bahorok, Sumatera Utara. 

Kriwil, yang diperkirakan berumur 20 tahun dan berjenis kelamin jantan, kini kembali ke habitat alaminya. 

Selain Kriwil, juga dilepaskan 1 individu Kukang (Nycticebus coucang), 1 individu Kucing kuwuk (Prionailurus bengalensis), dan 1 individu Ular sanca batik (Python reticulatus). 

Acara pelepasliaran dihadiri oleh perwakilan Direktorat KKHSG, Kepala UPTD KPH Wilayah XIV Sidikalang, serta mitra konservasi. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut