get app
inews
Aa Read Next : Ijeck Prediksi Indonesia Menang Lawan Uzbekistan dengan Skor 3-2

4 Desa Tanpa Daratan yang Ada di Indonesia, Berikut Daftarnya

Senin, 16 Oktober 2023 | 15:00 WIB
header img
4 Desa Tanpa Daratan yang Ada di Indonesia, Berikut Daftarnya. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas daftar desa tanpa daratan yang ada di Indonesia. Salah satunya, Desa Tablasupa di Papua.

Desa tanpa daratan ini juga biasa disebut desa terapung. Ini adalah penyebutan bagi permukiman yang didirikan di atas permukaan perairan, seperti laut, sungai maupun danau.

Desa-desa ini cukup unik, karena tidak memiliki daratan, atau letaknya yang jauh dari daratan. Rumah-rumah yang berada di desa terapung biasanya berbentuk rumah panggung. Masyarakat di beberapa daerah di Indonesia ini diketahui tinggal di rumah terapung sejak bertahun-tahun lalu dan kini telah menjadi bagian dari identitas beberapa suku.

Bahkan, menariknya di salah satu desa tanpa daratan itu ada yang memiliki suasana seperti di film Avatar. Warga yang tinggal tidak hanya berada di atas laut tapi juga ahli dalam berenang.

Penasaran, di mana saja desa tanpa daratan di Indonesia? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (14/10/2023).

Desa Tanpa Daratan di Indonesia

1. Desa Tablasupa- Papua

Desa terapung ini ada di Tablasupa, Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Desa Tablasupa merupakan desa terapung sekaligus desa wisata yang  memiliki keindahan bawah laut yang eksotis. Keeksotisannya ini terbukti dengan adanya 20 spot diving dan 50 spot snorkeling. Tak hanya alam bawah lautnya yang memesona, desa ini juga memiliki 3 spot pengamatan burung cendrawasih. Sebagian besar warga berprofesi sebagai pelaku usaha pariwisata, dan juga nelayan.

2. Desa Bangko - Sulawesi Tenggara

Desa terapung selanjutnya adalah Desa Bangko, yang berlokasi di Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna, Sulawesi tenggara. Desa ini juga dihuni oleh suku Bajo sejak ratusan tahun lalu, dengan kepiawaian mereka mengarungi gelombang lautan serta menyelam di kedalaman. Bahasa yang digunakan masyarakat setempat adalah bahasa suku Bajo. Siapa yang tidak kenal dengan Suku Bajo yang ada di Sulawesi. Perenang andal dan penjelajah laut ini sudah dikenal sebagai manusia "Gipsy Sea". Ya, kehidupan manusia laut ini menjadi inspirasi bagi film Avatar. Berada di Desa Bangko, Anda akan merasakan suasana seperti di film Avatar.

3. Desa Torosiaie - Gorontalo

Mayoritas penduduk Desa Torosiaie menggantungkan hidup pada laut. Mayoritas masyarakatnya bermatapencaharian sebagai nelayan. Penduduk membangun rumah-rumah mereka di atas permukaan laut dengan alat transportasi yang digunakan berupa perahu. Desa ini berlokasi di Kecamatan Popayato, Pohuwato, Gorontalo.

4. Desa Muara Enggelam - Kutai

Selanjutnya ada di Kalimantan Timur, tepatnya di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika ketiga desa terapung di atas terletak di atas lautan, maka desa Muata Enggelam berada di kawasan danau Melintang. Desa ini juga dikenal sebagai salah satu penyuplai ikan air tawar di Kutai Kartanegara. Tak hanya dijual dalam bentuk segar, tetapi juga diolah menjadi ikan asin yang lebih tahan lama dan meningkatkan nilai jual.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut