get app
inews
Aa Read Next : Virgil Van Dijk Tegaskan Bertahan di Liverpool: Saya Sangat Senang di Sini

Liverpool Dilibas Tottenham Hotspur 1-2, PGMOL Salahkan Wasit Anulir Gol Luiz Diaz

Minggu, 01 Oktober 2023 | 08:28 WIB
header img
Pertandingan Liga Inggris 2023-2024 antara Tottenham Hotspur Vs Liverpool FC pada Sabtu (30/9/2023) menuai kontroversi. Keputusan wasit pada laga tersebut memicu perdebatan banyak pihak. Foto: X Premier League (@premierleague)

LONDON, iNewsMedan.id- Pertandingan Liga Inggris 2023-2024 antara Tottenham Hotspur Vs Liverpool FC pada Sabtu (30/9/2023) menuai kontroversi. Keputusan wasit pada laga tersebut memicu perdebatan banyak pihak.

Badan Wasit Profesional Inggris, PGMOL, pun mengakui kesalahan. Mereka menyatakan keputusan wasit atas pemain Liverpool, Luis Diaz, telah mengalami human error.

Sebagaimana diketahui, Liverpool gagal mencatatkan skor setelah gol Diaz dianulir. Pemain berpaspor Kolombia itu dinyatakan oleh wasit telah masuk dalam area offside usai ditinjau lewat tayangan Video Assistant Referee (VAR).

Hal ini langsung menuai banyak perdebatan setelah ditelaah lebih jauh. Dalam tayangan yang tersebar, Diaz sejatinya terbebas dari jebakan offside.

PGMOL pun kemudian mengakui kesalahan tersebut. Dalam pernyataan mereka, PGMOL, menegaskan itu terjadi karena kesalahan wasit yang bertugas dan bukan VAR.

Diketahui, wasit VAR saat itu terlalu cepat mengambil keputusan. Selain itu, garis offside juga tidak ditampakkan dalam tayangan ulang. 

PGMOL kemudian akan melakukan peninjauan lebih lanjut terkait persoalan ini. Mereka juga meminta maaf kepada Liverpool atas kesalahan tersebut.

"PGMOL mengakui telah terjadi kesalahan manusia yang signifikan. PGMOL akan melakukan peninjauan penuh,” bunyi keterangan PGMOL, dipetik dari BBC, Minggu (01/10/2023).

"Gol Luiz Diaz dianulir karena offside oleh tim ofisial pertandingan di lapangan. Ini adalah kesalahan faktual yang jelas dan seharusnya mengakibatkan gol tersebut diberikan melalui intervensi VAR, namun, VAR gagal untuk melakukannya," tambah PGMOL.

Sekadar informasi, Liverpool kalah 1-2 pada laga tandang mereka tersebut. Dua pemainnya, Curtis Jones dan Diogo Jota, dikeluarkan setelah mereka dihukum kartu merah.

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut