get app
inews
Aa Read Next : Viral Mainan Latto-Latto Go Internasional, Netizen: Alhamdulillah Senang Juga Lihatnya

Daftar 10 Mainan Termahal di Dunia, Nomor 9 Kuda Goyang Emas

Senin, 25 September 2023 | 15:00 WIB
header img
Astolat Dollhouse Castle. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat daftar mainan termahal di dunia yang menarik untuk diketahui. Sebab, mainan tak cuma disukai anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Banyak orang tua yang tak segan merogoh koceknya untuk membeli mainan bagi anak-anaknya. Pasalnya, mainan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, terutama menstimulasi kemampuan motorik.

Di sisi lain, banyak juga orang dewasa yang rela membelanjakan uang untuk koleksi mainan tertentu, mulai dari boneka hingga karakter kartun dan superhero, karena menyukainya sejak kecil.

Berikut 10 mainan termahal di dunia tahun 2023, seperti dilansir dirangkum iNews dari berbagai sumber:

1. Astolat Dollhouse Castle atau Kastil Rumah Boneka Astolat

Harga 8,5 juta dolar AS atau sekitar Rp130,619 Miliar

Astolat Dollhouse Castle tercatat menjadi mainan termahal di dunia, bahkan melampaui harga rumah asli untuk kalangan menengah ke bawah.

Rumah boneka setinggi 2,7 meter dengan berat sekitar 362 kg itu, merupakan miniatur rumah lengkap dengan perabotan mewah yang terbuat dari pahatan dan rancangan arsitektur terbaik.

Dibutuhkan waktu sekitar 13 tahun untuk membuat kastil setinggi 7 tingkat dengan 29 kamar, yang juga dilengkapi dengan gym, kolam renang, hingga bar.

Awalnya, rumah boneka ini dipamerkan di toko pada museum milik Diehl di Sedona, Arizona, Amerika Serikat,  hingga ia pensiun pada tahun 1966. Kemudian rumah boneka ini diakuisisi oleh kolektor L.Freeman dan dipindah ke Nassau County Museum of Art.

Freeman pun melakukan banyak pembaruan pada interior rumah boneka ini. Rumah boneka unik tersebut sudah jarang dipamerkan, terakhir di New York, pada tahun 2022.

2. L’Oiseleur (Pelatih Burung)

Harga 6,25 juta dolar AS, atau Rp96,87 miliar

L’Oiseleur dalam bahasa Prancis artinya Pelatih Burung, yang dirancang oleh ahli automata Prancis bernama Christian Bailly. Boneka setinggi 4 kaki tersebut dilapisi oleh 2.340 bagian baja dan dapat bergerak.  Jika memutar kunci emas, maka boneka L'Oiseleur akan membawa seruling ke mulutnya dan memainkan lagu “Marche des Rois” oleh Georges Bizet, Boneka Pelatih Burung ini memiliki berat 122 pon termasuk alas mutiara dan batu giok.

3. Nyonya Alexander Eloise

Harga 5 juta dolar AS atau Rp76,835 miliar

Boneka Alexander Eloise ini menampilkan sosok bangsawan atau orang kaya eropa dengan tubuh gemuk dan berambut pirang beserta anjing peliharaan yang juga berkelas.

Boneka ini mengandung 9 karat berlian dan aksesoris mahal lainnya. Perancang boneka Alexander Eloise ini juga memiliki lima jenis boneka yang sama dengan masing-masing memakai kristal Swarovski, Aksesoris Katherine Baumann, bulu Oscar de la Renta dan Pakaian Christian Dior.

4. Replika Mobil Lamborghini Aventador

Harga 4,6 Juta dolar AS atau Rp70,688 miliar  Replika Mobil Lamborghini Aventador ini lebih mahal dari mobil asli Lamborghini yang harganya sekitar 380.000 dolar AS (Rp5,839 miliar).

Insinyur Jerman Robert Gulpen membuat replika mobil tersebut dengan ukuran 1/8 dari ukuran aslinya, dengan memakai pelek emas, berlian dan platinum di depan, roda kemudi dan juga joknya.

5. Bola Shimansky

Harga 2,59 juta dolar AS atau Rp39,800 miliar

Bola Shimansky memiliki berat 4,8 pon dengan 3500 karat berlian Afrika Selatan termasuk 6620 berlian putih dan 2640 berlian hitam.

Bola mainan ini dibuat oleh brand perhiasan Afrika Selatan Shimansky untuk memperingati Piala Dunia sepak bola yang diadakan di negaranya pada tahun 2010.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut