get app
inews
Aa Read Next : Sambut Hari Raya Idul Fitri, Upbit Ungkap Strategi Maksimalkan Investasi Kripto untuk Investor

Bantu Investor dalam Berinvestasi, BEI Publikasi Informasi Pencatatan Perdana Emiten

Jum'at, 22 September 2023 | 21:00 WIB
header img
Bantu Investor dalam Berinvestasi, BEI Publikasi Informasi Pencatatan Perdana Emiten. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Guna membantu investor dalam menentukan keputusan investasi, Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan publikasi statistik baru bernama IDX New Listing Information.

Adapun data yang tersaji lebih akurat, terpercaya, terstandar, menyeluruh sehingga dapat mengurangi risiko kerugian investasi dan menjadikan pemodal lebih efisien dalam menganalisis sebuah penawaran umum saham perdana.

Kepala Kantor Perwakilan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Utara, Muhammad Pintor Nasution mengatakan, untuk memutuskan berinvestasi di sebuah perusahaan tentunya investor, pelaku pasar, dan pemangku kepentingan (stakeholders) membutuhkan data dan informasi yang komprehensif atas pencatatan perdana saham perusahaan tercatat di bursa.

Menyadari kebutuhan tersebut, BEI pada Rabu (20/9/2023) meluncurkan IDX New Listing Information yaitu publikasi statistik BEI yang berisi kumpulan informasi dan data terkait pencatatan perdana dari calon perusahaan tercatat di BEI.

"Sejalan dengan misi BEI untuk berkontribusi dalam memperluas pemanfaatan informasi pasar modal bagi seluruh masyarakat dan meningkatkan inklusi serta literasi pasar modal Indonesia," kata Pintor, Jumat (22/9/2023).

Pintor menjelaskan, peluncuran publikasi statitstik BEI ini bertujuan agar data dan informasi yang disediakan terstandardisasi untuk mendukung integrasi sistem basis data, lebih mudah dimengerti sekaligus user friendly.

“Selain itu ketersediaan data yang baik dapat memberikan pemahaman yang baik sehingga diharapkan mengurangi risiko kerugian investasi,” jelas Pintor.

Lebih lanjut, Pintor mengungkapkan, ketersediaan data dan informasi selanjutnya akan digunakan untuk menentukan keputusan investasi, analisa dan penelitian, memberikan rekomendasi, mendukung ketersediaan, transparansi dan akses yang lebih luas atas data pasar modal Indonesia.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut