MEDAN, iNewsMedan.id - Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan USAID ERAT melakukan talkshow dan sosialisasi terkait Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional–Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).
Dalam talkshow yang digelar pada Selasa 19 September 2023 ini menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arrahmaan Pane, Pengelola Span Lapor Bahrian Effendi Dalimunthe, Praktisi pelayanan Publik, Budi Purwanto, dan masyarakat pengguna Span Lapor Juni, Ferianto Saragih serta dipandu oleh Moderator Rizka Firdahlia Sebelum membuka talkshow.
Rizka Firdahlia menjelaskan peran partisipasi masyarakat sangatlah penting dalam mendukung program pemerintah sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas melalui penyampaian laporan (pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi) di aplikasi SP4N-LAPOR.
“Melalui penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR!, masyarakat dapat memberikan feedback kepada penyelenggara pelayanan publik atas kualitas pelayanan yang diterimanya,” ungkapnya.
Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arrahmaan Pane mengatakan, Pemerintah Kota Medan berkomitmen penuh untuk meningkatkan kinerja pengelolaan pengaduan SP4N-LAPOR di Kota Medan.
Arrahmaan menjelaskan, SP4N-LAPOR dibentuk untuk mendorong dan menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun dapat disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang.
“Sebagai komitmen, Pemko Medan mengintegrasikan aplikasi SP4N Lapor ke dalam aplikasi Mercy atau Medan Smart City untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses saluran pengaduan SP4N-Lapor," ungkapnya.
Editor : Odi Siregar