get app
inews
Aa Read Next : Pengembangan Kawasan Danau Toba: Membangkitkan Ekonomi Sumatera Utara

UNESCO Beri Kartu Kuning kepada Geopark Kaldera Toba, Pengelolaan Dinilai Minim

Kamis, 21 September 2023 | 16:04 WIB
header img
UNESCO memberikan kartu kuning atau peringatan kepada Toba Caldera Global Geopark atau Geopark Kaldera Toba. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

Ketua Umum Badan Pengelola Toba Caldera UNESCO Global Geopark, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony, mengakui bahwa mereka telah mendengar peringatan yang diberikan oleh UNESCO. Namun, hingga saat ini, mereka belum menerima surat resmi dari UNESCO.

Zumri Sulthony menjelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh UNESCO terhadap Kawasan Caldera Toba adalah validasi oleh tim validator UNESCO terhadap beberapa kriteria, mulai dari kebersihan kawasan Caldera Toba hingga pemberdayaan masyarakat sekitar.

Hingga saat ini, mereka belum memahami dengan pasti apa yang menyebabkan Danau Toba mendapatkan peringatan "kartu kuning" dari UNESCO. Meskipun begitu, Zumri Sulthony berjanji untuk segera melakukan evaluasi.

Dalam waktu dekat, Badan Pengelola Toba akan melakukan pergantian struktur di dalam organisasi mereka untuk fokus pada upaya perbaikan. Dengan harapan bahwa Kawasan Danau Toba akan mendapatkan "kartu hijau" dan tetap menjadi bagian dari Kawasan UNESCO.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut