get app
inews
Aa Read Next : Menko Marves Luhut soal Ribuan Lahan Bermasalah di IKN: Tidak Boleh Ada yang Dirugikan

Bulan Ini, Presiden Jokowi Saksikan Groundbreaking Pembangunan Mal hingga Rumah Sakit Pertama di IKN

Selasa, 12 September 2023 | 10:00 WIB
header img
Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susantono. (foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyaksikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan mal hingga rumah sakit pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan ini. 

Hal itu, disampaikan Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susantono, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/9/2023). Meski demikian, Bambang belum memastikan tanggal pelaksanaan groundbreaking tersbut.

Dia menjelaskan, pembangunan mal, rumah sakit, hingga lembaga pendidikan pertama di IKN itu, merupakan proyek yang melibatkan sektor swasta. Rencananya, kegiatan groundbreaking pertama dari sektor swasta ini bakal disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi, sehingga untuk tanggal pelaksanaannya masih menunggu jadwal Presiden.

"Sedang dibahas, disesuaikan, diorganisasikan dengan memperhatikan juga jadwal bapak Presiden," ujar Bambang saat ditemui di Gedung DPR, Senin (11/9/2023).

Selain mal dan rumah sakit, beberapa hotel pertama di IKN rencananya juga turut dibangun dalam waktu dekat ini. Ketiga sektor tersebut akan dibangun oleh investor dari dalam negeri. Setidaknya ada sekitar 8 perusahaan yang siap melakukan groundbreaking yang targetnya dilakukan sebelum kuartal IV 2023.

Adapun ke 8 perushaan yang siap melakukan groundbreaking antara lain, Pakuwon Group, RS. Hermina, Jakarta International School, Ciputra Gorup, PT PP (Persero), Jambuwuluk Hotels & Resort, Vassanta Innopark, hingga Agung Sedayu Group, yang belum lama ditunjuk untuk memimpin konsorsium PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) investasi di IKN.

"Jadi ada groundbreaking dari mereka yang memang sudah siap. Ada istilahnya launching, mereka yang akan groundbreaking (ada juga) yang kira-kira dua bulan lagi (groundbreaking)," kata Bambang.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut