get app
inews
Aa Read Next : Peluncuran Buku Kerajaan dan Kesultanan Nusantara, Bobby Nasution: Kita Harus Bangga dengan Sejarah

Warisan Semangat Perjuangan: Jejak Generasi Marahamat Siregar

Rabu, 16 Agustus 2023 | 14:33 WIB
header img
Cicit Marahamat Siregar, Irfan Kamil Siregar. (Foto: Dok. Pribadi Irfan K.S.)

MEDAN, iNewsMedan.id - Dalam sejarah yang berbicara, ada cerita tentang nasab perjuangan yang tidak pernah pudar. Dari jejak perjuangan Marahamat Siregar hingga ke generasi yang meneruskan semangatnya, terbentang jalinan kisah inspiratif yang tak bisa diabaikan.

Membicarakan Marahamat Siregar, kita tak bisa melupakan putra sulungnya, Haji Baginda Siregar. Seorang pejuang veteran dalam kemerdekaan Republik Indonesia, berstatus Golongan A dan Pejuang 45. Tapi tak hanya di medan perjuangan, namanya juga bersinar dalam dunia perfilman nasional. 

Di daerahnya ia dikenal dengan sebutan Hatobangon–julukan bagi pria karismatik yang dituakan. Haji Baginda juga menjadi sosok yang menempatkan diri sebagai tokoh masyarakat Barumun Raya dalam skala nasional. Dekat dengan para petinggi negara, ia juga menjadi tokoh peletak dasar perjuangan pemekaran Kabupaten Padang Lawas pada 1992. 

Haji Sutan Siregar, putra kedua, mengukir karier sebagai birokrat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Deretan jabatan bergengsi diembannya, dan puncaknya adalah ketika ia menjabat Asisten II Gubernur Sumatera Utara.

Di generasi berikutnya, semangat perjuangan terus bergulir pada cucu-cucu Marahamat Siregar. Mereka menapaki berbagai bidang, baik di pemerintahan, daerah, maupun swasta. Aprilla Haslantini Siregar, Kepala Badan Pengembangan SDM Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Syahdan Ridwan Siregar, eks Sekretaris PT Bank Sumut, adalah sebagian dari cucu Marahamat. Langkah mereka membuktikan warisan perjuangan tak hanya menjadi kenangan, tetapi nyata dalam setiap langkah.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut