get app
inews
Aa Text
Read Next : Pemprov Sumut Canangkan Gerakan Gotong Royong SERTAKAN, Ini Tujuannya

Meriahkan Hari UMKM Nasional 2023, Pemerintah Dorong 30 Juta Pelaku Usaha Masuk Ekosistem Digital

Senin, 14 Agustus 2023 | 17:17 WIB
header img
Meriahkan Hari UMKM Nasional 2023, Pemerintah Dorong 30 Juta Pelaku Usaha Masuk Ekosistem Digital. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Guna memeriahkan peringatan Hari UMKM Nasional 2023, Tokopedia sebagai bagian dari GoTo, mengajak ratusan UMKM lokal untuk bergotong royong mendorong pemberdayaan UMKM melalui berbagai aktivitas, salah satunya live shopping dari Tokopedia PLAY yang digelar di Pura Mangkunegaran hari ini.

Kegiatan live shopping bertema #FlexingLokal yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Grup GoTo untuk memeriahkan acara peringatan Hari UMKM Nasional 2023, dilakukan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Republik Indonesia, Teten Masduki bersama Presiden E-Commerce GoTo (Tokopedia), Melissa Siska Juminto, dan Pemilik usaha Onde-Onde Njonja Moeda, Debby Natalia.
 
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Republik Indonesia, Teten Masduki mengatakan, salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM adalah mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha Indonesia. Saat ini sebanyak 22 juta UMKM sudah onboarding, dan angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan target Pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital. 

"Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas. Ayo kita cintai, beli dan konsumsi produk-produk lokal," katanya, Senin (14/8/2023).
 
Presiden E-Commerce GoTo (Tokopedia), Melissa Siska Juminto menuturkan, Tokopedia PLAY menjadi salah satu contoh dari inovasi teknologi GoTo melalui Tokopedia sebagai sarana promosi UMKM yang saat ini semakin diminati oleh pelanggan. 

"Kota Medan, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kab. Sidoarjo tercatat sebagai beberapa daerah dengan jumlah penonton Tokopedia PLAY tertinggi selama semester I 2023,” ujarnya.  

Ia mengungkapkan, Tokopedia PLAY juga mencatat pertumbuhan positif bagi pelaku UMKM. Selama semester I 2023, kenaikan rata-rata jumlah transaksi penjual naik lebih dari 7 kali lipat dibandingkan semester I 2022. 

"Sejumlah penjual bahkan mengalami rata-rata kenaikan transaksi hingga lebih dari 60 kali lipat,” ungkap Melissa.

Selain itu, Tokopedia PLAY juga turut mendorong kategori Makanan & Minuman, Fesyen, Kecantikan & Perawatan Tubuh, Kesehatan, serta Rumah Tangga menjadi kategori terlaris di Tokopedia PLAY selama semester I 2023.
 
Pemilik usaha Onde-Onde Njonja Moeda, Debby Natalia menyebutkan, adapun kunci agar bisa sukses berjualan online di Tokopedia adalah dengan terus berinovasi serta konsisten memanfaatkan beragam fitur demi mendongkrak penjualan. 

"Lewat kanal live streaming Tokopedia PLAY, para pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk saya, punya kesempatan yang sama untuk memasarkan produk dengan lebih interaktif kepada para pelanggan kami," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut