get app
inews
Aa Read Next : Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Daftar 5 Pemain Bola Keturunan Bangsawan, Ada Muhammad Rafid Habibie hingga Faiq Bolkiah

Minggu, 13 Agustus 2023 | 12:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Reuters)

Massimo Luongo menjadi pemain keturunan Indonesia yang tampil di Piala Dunia 2022 Qatar bersama Timnas Australia. Pemain Ipswich Town ini mendapatkan darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Menariknya, kakek moyang Luongo merupakan Sultan dari Kerajaan Bima dan Dompu di Pulau Sumbawa, AA Siradjudin. Sebelum bermain di Ipswich Town, pemain bertinggi 1,76 m ini sempat membela Middlesbrough dan QPR.

3. Al-Saadi Khadafi

Al-Saadi Khadafi merupakan anak ketiga dari mantan pemimpin Libya, Muammar Khadafi. Kariernya di dunia sepak bola tidak secemerlang yang diperkirakan. Ia hanya memperkuat beberapa klub medioker Italia seperti Sampdoria, Udinese dan Perugia.

Khadafi akhirnya memutuskan gantung sepatu pada 2007. Setelah pensiun dari lapangan hijau, eks pemain Timnas Libya itu menjadi Komandan Pasukan Libya di perang saudara yang terjadi pada 2011 silam.

2. Timothy Weah

Di nomor kedua dalam daftar ini ada nama Timothy Weah. Pemain anyar Juventus satu ini merupakan anak Presiden Liberia sekaligus eks pemain AC Milan di era 1990 an, George Weah.

Meski sang ayah merupakan Presiden Liberia, Timothy lebih memilih untuk berpaspor Amerika Serikat. Eks pemain PSG itu masuk ke dalam skuad The Stars & Stripes yang mentas di Piala Dunia 2022.

1. Muhammad Rafid Habibie

Mendiang Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan nama B.J Habibie ternyata memiliki seorang cucu yang berkarier di dunia sepak bola yakni Muhammad Rafid Habibie.

Rafid memulai karier sepakbolanya di SSB Sam's Soccer Academy International (SSAI). Pemain muda asal Makassar satu ini sempat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 pada 2019 silam.

Demikian ulasan mengenai deretan 5 pesepakbola keturunan bangsawan. 

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Deretan 5 Pesepakbola Keturunan Bangsawan, Nomor 1 Cucu Mantan Presiden Ketiga Republik Indonesia

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut