get app
inews
Aa Read Next : Makam Mewah Keluarga Etnis Karo di Binjai Berbiaya Rp1,2 Miliar, Penghormatan Anak Terhadap Orangtua

Komoditas Sawit Capai 16 Juta Hektare, Puluhan Petani di Langkat Ikuti Pelatihan Pengembangan SDM

Selasa, 01 Agustus 2023 | 19:00 WIB
header img
Komoditas Sawit Capai 16 Juta Hektare, Puluhan Petani di Langkat Ikuti Pelatihan Pengembangan SDM. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Komoditas sawit merupakan bidang pertanian yang paling besar di Indonesia dengan luas mencapai kurang lebih 16 juta hektare. Maka itu, perlu adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu disampaikan Perwakilan IPB Training Dr Ir Suwardi, MAgr dalam kegiatan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit di Medan, Selasa (1/8/2023).

Sebanyak 89 peserta dari petani di Kabupaten Langkat, Sumut mengikuti pelatihan tersebut.

Suwardi menjelaskan, pelatihan ini dilakukan sebagian besar di dalam ruangan dan kemudian di perkebunan Adolina yang nantinya belajar tentang teknik budidaya untuk menghasilkan benih atau bibit yang lebih baik.

"Pelatihan sawit ini diperlukan karena sawit merupakan komoditas yang paling hebat di Indonesia untuk bidang pertanian dengan luas kurang lebih 16 juta hektare dibandingkan luas pertanian padi yang hanya sekitar 7 juta hektare. Apalagi, sawit juga melibatkan banyak petani yang jumlahnya mencapai 4,5 juta petani sawit," jelasnya.

Tak hanya itu, Suwardi mengungkapkan, kontribusi sawit kepada Indonesia juga luar biasa yang mencapai sekitar Rp600 triliun untuk bidang pertanian.

Besarnya komunitas sawit di Indonesia menjadi saingan dari beberapa negara yang menghasilkan minyak seperti Amerika, Uni Eropa dan negara lainnya.

"Maka itu, dari pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan produksi sawit dengan tetap memperhatikan lingkungan sekitar. Selain itu juga mengendalikan hama dan penyakit bunga dengan baik. Kami yakin, petani sawit di Indonesia dapat bersaing di pasar global," ungkapnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut