get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi Tektonik M3.3 Guncang Taput, Gempa Akibat Aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun

Respons BMKG Soal Hujan Salju Turun di Tambang Grasberg Papua: Fenomena Ini Lumrah

Rabu, 26 Juli 2023 | 11:00 WIB
header img
Respons BMKG Soal Hujan Salju Turun di Tambang Grasberg Papua: Fenomena Ini Lumrah. (Foto: Facebook)

JAKARTA, iNewsMedan.id - BMKG merespons soal hujan salju turun di kawasan Tambang Puncak Grasberg, Tembagapura, Papua. Mengingat, fenomena ini menjadi viral di media sosial.

Rekaman video hujan salju ini direkam dan dibagikan pekerja PT Freeport Indonesia. Lokasinya di Grasberg yang terletak di Mimika, Papua.

Bahkan dalam video yang ramai beredar di media sosial, para karyawan ini tampak memakai pakaian berlapis untuk menjaga kondisi tubuh tetap hangat.

"Hujan salju gaes, bukan kaleng-kaleng ini. Tapi ini hanya terjadi di Grasberg (Papua)," kata perekam video tersebut dikutip Selasa (25/7/2023).

Merespons hal ini, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan jika salju turun di Grasberg merupakan fenomena yang biasa terjadi.

“Fenomena ini lumrah bila terjadinya di Puncak Grasberg atau Tembagapura Papua,” ujar Guswanto kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (25/7/2023).

Guswanto mengatakan, puncak Grasberg mempunyai ketinggian lebih dari 4.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga suhu udara di sana berkisar antara 15 hingga 18 derajat Celsius.

“Puncak Grasberg memiliki ketinggian 4.600 mdpl atau lebih. Suhunya berkisar 15 -18 derajat celsius. Perlu diketahui, temperatur udara akan turun 1 derajat untuk setiap kenaikan ketinggian 100 mdpl,” kata Guswanto.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut