get app
inews
Aa Read Next : Periode Triwulan I, BPJamsostek Tanjung Morawa Bayar Klaim Rp78,9 Miliar

Mahasiswa USU Peserta KKNT-PPM Tahun Ajaran 2023 Dilindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Kamis, 13 Juli 2023 | 22:00 WIB
header img
Mahasiswa USU Peserta KKNT-PPM Tahun Ajaran 2023 Dilindungi Program BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pada kegiatan pelepasan peserta KKN-PPM USU, BPJS Ketenagakerjaan ikut melepas secara simbolik mahasiswa USU Peserta program kuliah kerja nyata tematik pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PMT) Tahun Ajaran 2023 pada Kamis 13 Juli 2023.

Fakultas yang akan mengabdi ke masyarakat yakni, Fakultas Hukum (FH), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morawa dan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Medan Kota menerima pendaftaran kepesertaan mahasiswa KKN. Pihak Kampus USU menyadari pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan disaat mahasiswa mereka melakukan aktifitas diluar aktifitas belajar mengajar dikampus/diruangan kelas.

"Status kepesertaan mahasiswa KKNT ini sama dengan peserta tenaga kerja informal.mereka terdaftar sebagai peserta bukan penerima upah (BPU), Sesuai kepmenaker no 5/2021 untuk mahasiswa dan pelajar magang bisa ikut BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan kecelakaan kerja dan kematian" kata Kepala Kantor Cabang Tanjung Morawa, Andi Widya Leksana. 

Dengan mengiur Rp. 16.800/bulan, mahasiswa KKN USU ini telah mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian 

Jaminan program BPJS ketenagakerjaan  ini sebagai langkah perlindungan terhadap resiko kecelakaan kerja dan kematian yang dapat tejadi kapanpun, yang namanya musibah kita tidak tahu kapan terjadi. ujar Andi.

Senada dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Rektor USU Profesor Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si  menjelaskan bahwasanya USU mendukung penuh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Sebab, lanjut Muryanto, USU tidak ingin risiko yang mungkin bisa terjadi kepada mahasiswa yang melaksanakan aktifitas luar kampus tidak terlindungi oleh Jaminan Sosial.

"Terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah melindungi anak anak kami sehingga mereka tidak perlu risau ketika dan selama berkegiatan begitu," tutup Muryanto.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut