get app
inews
Aa Text
Read Next : PT Medan Tropical Canning Bantah Berita Negatif, Tegaskan Komitmen Kualitas dan Keselamatan Kerja

Begini Tips Menentukan KOL yang Tepat untuk Meningkatkan Brand Awareness

Rabu, 28 Juni 2023 | 16:15 WIB
header img
KOL Management Specialist Rizal Ramadhan. (Foto: YouTube Partai Perindo)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Key Opinion Leader (KOL) menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan brand awareness yang dimiliki perusahaan.

KOL Management Specialist Rizal Ramadhan mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam memilih dan menentukan KOL untuk memasarkan produk mereka. Pertama, menyesuaikan KOL dengan budget yang disiapkan.

“Perusahaan tentu kalau menggunakan KOL sudah menyiapkan budget. Ini tergantung dengan budget yang disiapkan masing-masing perusahaan,” kata dia dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (27/6/2023).

Rizal melanjutkan, ada perbedaan strategi yang harus diterapkan dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Misalnya, perusahaan telah menyiapkan budget sebesar Rp70 juta untuk menggunakan KOL, maka lebih baik mengedepankan aspek kuantitas. Artinya, perusahaan disarankan menggunakan lebih banyak KOL mikro atau belum memiliki banyak followers.

Dengan budget tersebut, perusahaan setidaknya bisa menggaet 30 hingga 40 KOL mikro. Dengan begitu promosi yang dilakukan bisa terus berjalan dan semakin meningkatkan brand awareness.

“Kalau misalnya budget Rp70 juta untuk KOL besar itu kurang karena hanya bisa menggunakan 1 KOL besar, lalu nanti sisanya hanya menggunakan 5-10 KOL mikro. Dalam sebulan, setidaknya hanya ada 10 hari untuk promosi produk. Brand awareness-nya pun kecil,” tuturnya.

Namun, Rizal menyampaikan, perusahaan juga tidak bisa menganggap enteng KOL mikro. Meski jumlah followers-nya kalah dari KOL besar, namun banyak dari mereka memiliki kemampuan untuk produksi konten dengan baik.

“Banyak yang sewa studio, sangat niat untuk membuat dan mengedit konten. Walau viewers memang masih berusaha ditingkatkan, tapi content creator itu juga layak,” ucap Rizal.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa penggunaan KOL sebagai instrumen marketing dan peningkatan omzet adalah dua hal yang berbeda. Rizal mengatakan, perusahaan tidak bisa langsung mengharapkan kenaikan omzet karena yang paling utama adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang suatu brand.

“Ada influencer besar yang mampu jual barang, tapi ada juga yang hanya meningkatkan kesadaran, tapi itu penting. Ketika kita sudah berhasil meningkatkan brand awareness, masyarakat jadi tahu, tertarik dan membeli produk,” ucapnya.

"Selain itu, produk juga harus tetap menarik karena produk yang tidak menarik tidak akan dibeli walaupun sudah dipromosikan oleh KOL," imbuh Rizal.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Tips Memilih KOL yang Tepat untuk Bisnis

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut