get app
inews
Aa Read Next : Siomay Jadi Makanan Terbaik di Asia Tenggara Versi Taste Atlas

Mengenal Makanan Termahal di Dunia, Salah Satunya Kaki Babi yang Diawetkan Selama 5 Tahun

Selasa, 27 Juni 2023 | 10:00 WIB
header img
Safron. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat lima makanan termahal di dunia yang perlu diketahui. Salah satunya, Iberico Ham

Setiap negara memiliki variasi seni olahan makanannya sendiri, beberapa bahan memang memiliki label harga mahal. Itu karena kelangkaan, rasa, hingga proses pengambilannya.

Makanan Termahal di Dunia

Beberapa makanan mahal tampak unik sekaligus menjadi penanda suatu kelas, seperti kaviar sturgeon yang menjadi simbol status masyarakat kelas atas sejak abad ke-19 di Eropa. Kemudian beberapa makanan mahal juga didapatkan dengan proses yang tidak mudah, seperti tiram super besar di kawasan Coffin Bay Australia, hingga secangkir kopi Luwak asli Indonesia.

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah 5 makanan termahal di dunia:

1. Kaviar Almas

Telur ikan Sturgeon ini dikenal menjadi makanan termahal dunia. Jenis kaviar yang paling menonjol adalah kaviar beluga, kaviar osetra, dan kaviar sevruga.

Jenis kaviar beluga 'Almas' sturgeon beluga Iran yang langka memecahkan Rekor Dunia Guinness sebagai kaviar termahal dengan harga 20.000 dolar AS atau sekitar Rp300,9 juta per kilogram (kg), per 22 Februari 2023.

2. Safron

Safron merupakan rempah-rempah yang berasal dari bunga Crovus Sativus yang tumbuh di daratan Iran, Yunani, Spanyol, dan India. Untuk membuat satu pon rempah safron diperlukan 75.000 bunga safron. Menurut laporan Reader's Digest 2022, 90 persen panen komoditas ini berasal dari Iran.

Satu gram safron dapat dihargai 7 hingga 15 dolar AS. Adapun Safron Kashmir, yang terbaik dan termahal di dunia, dapat dijual dengan harga lebih dari 1.500 dolar AS atau Rp22,6 per pon.

3. White Truffle

Jamur Truffel putih banyak ditemukan di Tuscany, sebuah wilayah di Italia Utara, dan juga di beberapa tempat di Kroasia. Tanaman ini tumbuh sekitar satu kaki di bawah tanah, dan hanya dapat ditemukan dengan bantuan anjing terlatih. Truffle ini dikenal memiliki aroma dan rasanya yang eksklusif.

Salah satu jenis truffle putih yang cukup mahal adalah whit truffle (tuber magnatum pico). Pada 22 Februari 2023, bahan makanan ini dihargai 3.000 dolar AS atau Rp45,1 juta per kg, menurut Guiness World Records.

4. Madu Elvish

Madu elvish merupakan madu termahal dunia karena cara mendapatakannya yang susah. Madu ini dihargai 5.300 dolar AS atau Rp79,7 juta per kg.

Pengambilan madu Elvish berada di sebuah gua di Artvin, Turki yang memiliki tingkat kedalaman 1.800 meter. Menurut, Ecocolmena, mineral gua berkontribusi pada rasa madu yang unik.

Selain itu, pembuatan madu ini tidak melibatkan peternak lebah maupun sarang lebah. Madu diproduksi paling alami dengan lebah mengumpulkan serbuk sari dari bunga liar yang terletak di sekitar hutan Artvin, dan mengeubahnya menjadi madu dalam gua.

5. Iberico Ham

Daging ham Iberico berasal dari kaki belakang babi hitam asal Portugal dan Spanyol, yang baru dapat dimatangkan selama 24 hingga 36 bulan.

Ham ini memiliki masa pengawetan yang lama. Prosesnya melibatkan seekor babi yang dipelihara selama dua tahun, kemudian dipotong dan bagian kakinya diawetkan hingga paling lama lima tahun. Sepotong kaki Iberico ham dihargai 13.183 dolar AS atau Rp198,3 juta.

Itu dia 5 makanan termahal di dunia, mulai dari kaviar hingga madu. Semoga memberi informasi untuk Anda.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Makanan Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Capai Rp300 Juta per Kg

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut