get app
inews
Aa Read Next : Menteri PMK Serahkan Santunan BPJamsostek kepada Ahli Waris di Belawan

Arus Balik Mudik 2023: Menko PMK Prediksi Lalin Padat tapi Tak Berdesak-desakan

Kamis, 27 April 2023 | 14:00 WIB
header img
Ilustrasi kepadatan kendaraan pemudik (Foto iNews/Dharmawan Hadi)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Arus Balik Mudik Lebaran 2023 diprediksi trafik lalu lintas (Lalin) akan padat namun tak berdesakan.Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Dia juga mengatakan bahwa puncak arus balik kedua diperkirakan terjadi pada 30 April-1 Mei 2023.

Muhadjir menyampaikan hal ini tercermin dari lalu lintas periode puncak arus balik pertama pada 24-25 April 2023 lalu tidak sampai 30 persen kendaraan dari Trans Jawa yang masuk ke Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.   

“Kelihatannya berjalan bagus karena dari 4 tol masuk utama di Cikampek belum sampai 30 persen, artinya berarti mulai besok sampai Ahad, Minggu (30 April) depan akan flat, artinya padat tapi tidak akan berdesak-desakan,” ungkap Muhadjir dikutip dalam keterangannya usai menghadiri Rapat Koordinasi di Istana Wakil Presiden (Wapres), Kamis (27/4/2023). 

Selain itu, Muhadjir mengungkapkan arahan Presiden Jokowi yang memberikan relaksasi PNS, TNI, Polri untuk menambah cuti, peniadaan halal bi halal, kemudian diskon tol cukup signifikan memberikan dampak pada longgarnya lalu lintas.

“Saya lihat pertama karena tentu saja arahan Bapak Presiden ada relaksasi PNS, TNI, Polri boleh mengambil cuti lagi, itu kan cuti bersama, cuti perorangannya belum, itu bisa diambil. Kemudian juga peniadaan halal bi halal dalam waktu dekat juga punya efek yang cukup bagus, termasuk juga diskon, diskon tol yang nanti mulai tanggal 27-29 kelihatannya itu cukup signifikan," katanya. 

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut