get app
inews
Aa Read Next : Tiga Alasan Edy Rahmayadi Pilih Hasan Basri Sagala, Salah Satunya Latar Belakang Pendidikan

Edy Rahmayadi Pastikan Mudik Sumut 2023 Aman Terkendali

Rabu, 19 April 2023 | 13:09 WIB
header img
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah/Tahun 2023 bersama Forkpimda Sumut di Mapolda Sumut Aula Tribrata Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan. (Foto: Dok. Dinas Kominfo Sumut)

MEDAN, iNewsMedan.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memastikan mudik lebaran tahun 2023 sudah dipersiapkan dengan matang dan aman terkendali. Baik dari sisi lalu lintas, keamanan, jalan, stok pangan hingga alat transportasi yang digunakan.

Menurutnya, untuk menghindari kemacetan yang panjang saat mudik Idul Fitri 1444 Hijriah, ada dua tol yang pengerjaannya masih berlangsung yaitu Medan-Sinaksak dan Tebingtinggi-Indrapura akan difungsikan. Hanya saja untuk Medan-Sinaksak hanya satu jalur, karena fly over Dolok Merawan belum rampung.

Sementara untuk Tol Tebingtinggi-Indrapura sepenuhnya bisa difungsikan untuk membantu mengurangi potensi kemacetan. Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga mengoptimalkan jalur-jalur alternatif bekerja sama dengan pemkab/pemko setempat.

“Kami sudah mempersiapkan semuanya, jalan, lalu lintas, keamanan, pangan dan lainnya agar mudik masyarakat berjalan dengan lancar,” ujar Edy Rahmayadi seusai Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1444 H di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat (14/4/2023).

Gubernur Sumut berpesan kepada masyarakat yang ingin mudik agar mempersiapkan diri dengan baik. Baik secara fisik, keamanan kendaraan, rumah yang ditinggalkan dan mematuhi anjuran petugas di lapangan.

“Memang banyak pos yang disiapkan di setiap titik-titik strategis, tetapi masyarakat juga harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar tidak ada masalah saat perjalanan,” kata Edy.

Langkah selanjutnya untuk memperlancar arus lalu lintas, Dinas Perhubungan Sumut, PUPR, Ditlantas Polda Sumut, Balai Besar Pelaksanaan Jalan, Balai Pengelolaan Transportasi Darat Sumut membuat keputusan bersama. Kesemuanya sepakat untuk membatasi operasional truk selama mudik.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut