get app
inews
Aa Read Next : Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Inilah 5 Klub Sepak Bola Tertua di Dunia, Nomor 1 The Sheffield Football Club

Sabtu, 15 April 2023 | 08:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Reuters)

5.Queen's Park Football Club (Skotlandia, 1867)

Queen's Park Football Club adalah klub sepak bola Skotlandia yang berbasis di Glasgow. Klub ini didirikan pada tahun 1867 oleh sekelompok pemuda yang ingin membentuk tim sepak bola. Queen's Park adalah klub sepak bola tertua di Skotlandia dan tertua kedua di dunia, setelah Klub Sepak Bola Sheffield di Inggris.

Tim memainkan pertandingan kandangnya di Hampden Park, yang merupakan stadion nasional Skotlandia. Queen's Park telah memenangkan Piala Skotlandia sepuluh kali, dengan kemenangan terakhir datang pada tahun 1893. Mereka juga menjadi runner-up kompetisi sebanyak 11 kali.

Selain sukses di Piala Skotlandia, Queen's Park juga dua kali menjuarai Liga Skotlandia dan enam kali finis sebagai runner-up. Mereka juga memenangkan Piala Glasgow sebanyak 17 kali.

Queen's Park memiliki tempat unik dalam sejarah sepak bola Skotlandia karena mereka adalah klub pertama yang mewakili Skotlandia dalam pertandingan internasional melawan Inggris pada tahun 1872. Pertandingan tersebut berakhir imbang 0-0 dan berujung pada pembentukan Asosiasi Sepak Bola Skotlandia.

Meskipun merupakan klub amatir paruh waktu, Queen's Park memiliki basis penggemar yang berdedikasi dan sejarah yang kaya. Klub telah menghasilkan sejumlah pemain terkenal selama bertahun-tahun, termasuk Andrew Watson, yang merupakan pesepakbola internasional kulit hitam pertama dan yang pertama menjadi kapten Skotlandia.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Tim Sepak Bola Pertama di Dunia, Ada yang Masih Eksis Hingga Kini

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut