get app
inews
Aa Read Next : MUI: Kurma Israel Haram, Jangan Dibeli

Tahukah Kamu Kurma ada Bintik Putih? Ini Penjelasannya!

Rabu, 12 April 2023 | 19:00 WIB
header img
Buah Kurma (Foto: Shutterstock)

iNewsMedan.id - Pernahkah kamu penasaran kenapa kurma ada bintik putih? Pasalnya, buah asal Timur Tengah ini memiliki ciri khas cita rasa yang manis seperti permen dengan daging yang lembut. Kurma juga memiliki umur yang panjang jika disimpan dengan benar.

Meski masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan kurma, namun belum banyak yang tahu kenapa kurma ada bintik putih. Lantas, mengapa demikian?

Dilansir dari laman Eat of Toss, bintik atau bercak putih pada kurma merupakan gula yang mengeras. Seperti yang diketahui, kurma memiliki kandungan gula yang cukup banyak dan kelembaban yang rendah.

Karena itulah ketika kurma disimpan terlalu lama dan mengalami perubahan suhu maka permukaannya akan berkembang sehingga muncul bercak putih. Hal ini juga biasa disebut “sugaring” atau “sugar bloom”.

“Sugaring” atau “sugar bloom” juga bisa terjadi pada kismis. Menurut The Raisin Production Manual, kondisi ini bisa terjadi karena permeabilitas kulit yang besar memungkinkan adanya migrasi padatan yang terlarut ke bagian luar.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut