get app
inews
Aa Read Next : Blakblakan, Ririn Dwi Ariyanti Merasa Berjuang Sendirian saat Jadi Istri Aldi Bragi

Manusia tak Luput dari Kesalahan, Berikut Cara Mengetahui Aib Diri Sendiri

Rabu, 12 April 2023 | 07:00 WIB
header img
Manusia tak luput dari kesalahan, berikut cara mengetahui aib diri sendiri. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

Bagaimana caranya? Syaikh Sa'id Hawwa dalam kitab 'Tazkiyatun-nafs', memberikan empat cara untuk mengetahui aib diri sendiri tersebut, yakni : 

1. Hendaklah ia meminta kepada seorang teman yang jujur, beragama dan "tajam penglihatan" untuk menjadi pengawas dirinya untuk memperhatikan berbagai keadaan dan perbuatannya. Kemudian menunjukkan kepadanya berbagai akhlak tercela, perbuatan yang tidak baik dan aibnya, baik yang batin ataupun yang dzahir. Hal inilah yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang cerdas dan para ulama besar.

Umar bin Khattab radhiyallahu anhu berkata, "Semoga Allah merahmati seseorang yang menunjukkan aib diriku." Umar biasa bertanya kepada Salman tentang aib dirinya. Ketika Salman datang kepadanya Umar bertanya: "Apa yang telah kamu dengar tentang diriku yang tidak kamu sukai?" 

Salman tak bersedia mengatakannya, tetapi setelah didesak terus oleh Umar akhirnya ia mengatakan: "Aku mendengar bahwa engkau mengumpulkan dua macam kuah dalam satu hidangan, dan engkau punya dua jubah: satu jubah untuk siang hari dan satu jubah lagi untuk malam hari." 

Umar bertanya, "Apakah ada lagi yang kamu dengar selama itu? Salman menjawab: "Tidak," Umar berkata, "Adapun dua hal itu maka akan aku tinggalkan." 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut