get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kondektur Bus Wanita Jatuh Pingsan karena Cium Aroma Durian

Begini Cikal Bakal Sirup Jadi Minuman Menyegarkan

Sabtu, 08 April 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Womendisease)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Sirup menjadi salah satu minuman yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia untuk melepas dahaga. Minuman yang terbuat dari gula dan air memiliki banyak varian rasa, yakni jeruk, melon, anggur, hingga leci.

Di Indonesia, ada banyak sekali produk-produk sirup, dengan cita rasa yang khas dan kehadirannya identik dengan bulan Ramadan ataupun Lebaran. 

Namun, di balik kelezatan sirup, apakah Anda tahu mengenai asal usulnya? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (7/4/2023).

Asal usul sirup

Asal usul atau cikal bakal pembuatan sirup berasal dari sirup maple. Praktik membuat sirup maple dari getah sangat melegenda. Penduduk asli Amerika memulai praktik ini jauh sebelum orang Eropa tiba di Amerika utara. Namun, tak ada yang tahu pasti suku apa yang pertama kali menemukannya. 

Ada banyak cerita asal mula pembuatan maple sirup ini. Salah satunya yang diceritakan kembali dalam edisi April 1896 - The Atlhantic Monthly, yang menceritakan tentang seorang wanita bernama Moqua. Disebutkan dirinya sedang memasak rusa untuk sang suami, Woksis namun airnya habis. Lalu dia mengganti airnya kembali dengan getah maple. Getah yang direbus itu kemudian membentuk sirup.

Pada tahun 1724, penduduk asli Amerika mengumpulkan getah kemudian memasaknya menjadi sirup Mapel dalam panci raksasa. Dengan metode pemotongan bentuk V ke dalam kulit pohon maple dan menempatkan di pangkal pohon. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut