get app
inews
Aa Read Next : Viral Gajah Jenguk Sang Majikan di Rumah Sakit, Netizen: Hewan Lebih Beradab Ketimbang Manusia

Inilah 9 Hewan Paling Lama Hamil, Nomor 3 Badak

Kamis, 06 April 2023 | 18:26 WIB
header img
Badak. (Foto: Dok)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan hewan paling lama hamil ini menarik untuk diketahui. Di mana, ikan hiu hamil mencapai 3,5 tahun. Sementara gajah mencapai 22 bulan.

Dibanding manusia, hewan memiliki durasi kehamilan sangat panjang. Ini terkait dengan faktor penentu seperti ukuran anak hewan tersebut.

Namun pada beberapa kasus, ukuran juga tidak menentukan durasi sang induk hamil. Berikut 9 hewan yang paling lama hamil dikutip dari situs Treehugger:

1. Unta

Unta memiliki masa kehamilan 13 hingga 15 bulan. Bulan di mana konsepsi terjadi dapat menggeser tanggal lahir lebih lama. Misalnya dengan konsepsi November mendorong kelahiran 18 hari lebih lama dari konsepsi Mei. Unta lainnya, seperti llama, juga memiliki masa kehamilan yang panjang sekitar 330 hari.

2. Jerapah

Jerapah memiliki periode kehamilan antara 400 hingga 460 hari. Meskipun menjadi hewan darat tertinggi di dunia, induknya melahirkan dalam posisi berdiri — jadi bayinya harus cukup besar untuk menahan jatuh yang lama.

3. Badak

Hewan berkulit tebal ini memiliki periode kehamilan sekitar 15 hingga 18 bulan, tergantung pada spesiesnya. Masa kehamilan yang panjang ini juga menjadi kendala untuk mengisi kembali populasi. Saat ini dari lima spesies badak yang masih ada tiga diantaranya sudah terancam punah.

4. Walrus

Walrus memiliki periode kehamilan terpanjang dari semua kelompok mamalia yang mencakup anjing laut dan singa laut. Induk Walrus akan membawa anak mereka selama 15 sampai 16 bulan di perutnya.

Induk anjing laut dan singa laut tidak mudah lepas dan membawa keturunannya masing-masing selama sekitar 330 dan 350 hari. Walrus juga memiliki tingkat reproduksi terendah dari semua pinniped.

5. Ikan Paus

Ikan paus memiliki periode kehamilan yang berbeda. Paus orca misalnya memiliki periode kehamilan sekitar 17 bulan. Sedangkan paus sperma — pemangsa terbesar yang masih hidup — diketahui dapat mengandung anak-anaknya hingga 19 bulan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut