get app
inews
Aa Read Next : Usai Disapa Marselino Ferdinan, Wanita Cantik Asal Kamboja Ini Sebut Kalimat: "Gak Bahaya ta?"

Apa itu "Feeling Lonely"? Simak Penjelasan dan Penyebabnya!

Sabtu, 18 Maret 2023 | 18:00 WIB
header img
Ilustrasi Feeling Lonely (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.Medan.id - Kata "feeling lonely" banyak digunakan oleh masyarakat, belakangan ini peristiwa tersebut sering terdengar khususnya anak muda di media sosial. Lantas sebenarnya apa itu feeling lonely?

Dalam bahasa Indonesia, feeling lonely memiliki arti perasaan kesepian. Ya, perasaan kesepian kerap dialami oleh siapa saja sebagai bentuk emosi manusia.

Kondisi ini tidak ada penyebab pastinya, sehingga pencegahan dan pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut pun berbeda-beda. Lantas apa saja pengertian, penyebab, dan cara mencegah feeling lonely? Berikut ulasannya dari Very Well Mind, Kamis (9/3/2023).

Pengertian apa itu feeling lonely

Feeling lonely sendiri merupakan kondisi di mana seseorang merasa kesepian dan menyendiri. Mereka merasa hampa dan merasa tidak diinginkan oleh lingkungannya. Feeling lonely biasanya terbentuk karena pikiran mereka sendiri. Mirisnya, ketika dalam keadaan ramai, mereka merasa sepi.

Penyebab feeling lonely

Ada banyak penyebab seseorang merasakan feeling lonely. Biasanya karena masalah keluarga hingga kehilangan seseorang. Tak hanya itu feeling lonely juga bisa disebabkan karena adanya gangguan psikologis pada seseorang seperti depresi. Orang yang depresi memilih untuk menarik diri secara sosial sehingga dia merasa kesepian.

Faktor risiko feeling lonely

Ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan Anda merasa kesepian di antaranya:

Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan

Fungsi otak yang berubah

Kondisi penyakit

Alzheimer

Antisosial

Penyakit kardiovaskular dan stroke

Daya ingat dan belajar menurun

Depresi dan bunuh diri

Meningkatnya tingkat stres

Pengambilan keputusan yang buruk

Cara mengatasi feeling lonely

Tak perlu khawatir, ketika Anda merasa feeling lonely hal itu bisa diatasi lho. Ketika Anda sudah merasakan sesuatu di diri Anda yang menyebabkan merasa kesepian, Anda bisa curhat ke keluarga atau saudara. Cara ini bisa membantu Anda meluapkan isi hati.

Selain itu, Anda juga bisa mencari suasana baru misalnya datangi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan orang baru juga. Cara itu bisa membuat Anda membuka pikiran sehingga perasaan kesepian bisa hilang. Cara terakhir, coba tekuni hobi yang sedang Anda suka. Lakukan semaksimal mungkin agar Anda bisa mengalihkan perasaan kesepian itu sendiri.

Itulah apa itu feeling lonely yang biasanya dirasakan seseorang karena depresi.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut