get app
inews
Aa Read Next : Kurma Basah Baik Dijadikan Takjil, Ternyata Ini Faktanya!

Negara Mana Saja Penghasil Kurma Terbesar di Dunia? Berikut Daftarnya

Rabu, 15 Maret 2023 | 09:00 WIB
header img
Kurma. (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Negara penghasil kurma terbesar di dunia ini menarik untuk diulas. Sebab, makanan ini paling banyak dicari orang saat bulan Ramadhan.

Kurma merupakan salah satu hidangan yang sangat dianjurkan bahkan termasuk Sunnah untuk menjadi takjil atau kudapan saat berbuka puasa.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kurma tumbuh subur justru di daerah tandus seperti wilayah Jazirah Arab dan sekitarnya.

Berikut tujuh negara penghasil kurma terbesar di dunia.

1. Mesir

Mesir menjadi penghasil kurma terbesar di dunia, bahkan mengungguli Arab Saudi. Berdasarkan data Food and Agriculture Organization (FAO) atau lembaga pangan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di tahun 2018, Mesir tercatat memproduksi sekitar 1,5 juta ton kurma. Adapun jenis kurma Mesir yang kerap dijumpai adalah kurma Hayang dan Zaghloul.

2. Arab Saudi

Negeri para Nabi dan Rasul ini adalah penghasil kurma terbesar nomor dua di dunia setelah Mesir, dimana produksinya mencapai 1,3 juta ton dengan jenis kurma Ajwah, Al Khunaizi hingga Rotab yang paling umum.

3. Iran

Posisi negara penghasil kurma terbesar di dunia selanjutnya dipegang oleh Iran yang mampu menghasilkan 1,2 juta ton kurma, dengan kurma jenis Mazafati yang banyak dijumpai.

4. Algeria

Algeria mampu memproduksi kurma sebanyak 1 juta ton dan punya beberapa jenis yang umum dijumpai yakni kurma Thoory, Deglet Noor, dan Iteema.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut