get app
inews
Aa Read Next : Kontribusi Perempuan dalam Kemajuan Perkonomian Indonesia

Perempuan yang Gemar Merokok Terus Bertambah, Ini Hasil Penelitiannya

Jum'at, 10 Maret 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SLEMAN, iNewsMedan.id - Peneliti menyebut, perilaku remaja perempuan yang gemar merokok di Kecamatan Sampang, Madura, terus bertambah. Dari 955 pelajar ada 11 pelajar perempuan atau 1,2 persen perokok.

Hal itu dikemukakan mahasiswa Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (UGM), Diah Wijayanti Sutha.

“Dari sampel 955 pelajar perempuan ada 11 yang merokok, sedangkan remaja laki-laki ada 335 atau 35,1 persen,” kata Diah dalam ujian terbuka promosi doktor di auditorium FKKMK UGM, Kamis (9/3/2023).

Pada disertasi berjudul Perilaku Merokok pada Remaja Perempuan di Kecamatan Sampang Madura, pelajar yang mempunyai perilaku merokok paling banyak berada di usia 11-15 tahun. Dari 227 remaja perempuan perokok paling banyak dilakukan pelajar pada usia 15-19 tahun.

”Remaja perempuan yang memiliki perilaku merokok paling banyak berada di tingkat pendidikan SMP dan sederajat dengan uang saku per harinya di atas Rp10.000,” katanya.

Menurutnya, pengetahuan pelajar mengenai bahaya, kandungan, adiktif dan efek rokok masih kurang. Sebanyak 309 orang atau 32,4% pelajar yang merokok mempunyai tingkat pengetahuan yang kurang tentang bahaya dan adiksi. 

“Bagi remaja perempuan, merokok dipandang sebagai teman setia sekaligus sarana untuk memperoleh kemandirian dan kebahagiaan,” katanya.

Remaja perempuan juga menganggap merokok sebagai sarana membebaskan dari stres, kekhawatiran, dan tekanan. Meski begitu mereka sadar kalau perempuan merokok itu masih dianggap perilakunya buruk.  

“Keingintahuan dan tekanan teman merupakan faktor yang paling berkontribusi terbentuknya niat untuk merokok remaja perempuan,” katanya.

Artikel ini telah terbit di halaman iNewsYogya.id dengan judul Mahasiswa Program Doktor UGM Sebut Perempuan Perokok Terus Bertambah, Ini Penyebabnya

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut