get app
inews
Aa Read Next : Pengembangan Kawasan Danau Toba: Membangkitkan Ekonomi Sumatera Utara

Pesawat Penabur Garam Diterjunkan untuk Mencegah Hujan saat Even F1 Powerboat di Danau Toba

Jum'at, 24 Februari 2023 | 18:49 WIB
header img
Sesi latihan F1 Powerboat yang berlangsung di Danau Toba. (Foto: Istimewa)

BALIGE, iNewsMedan.id - Badan Meteorologi, Kfilimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba, di Balige, Kabupaten Toba. 

Sub Koordinator Bidang Analisis dan Prediksi Klimatologi Maritim BMKG, Furqon Alfahmi mengatakan tim tersebut akan menerbangkan pesawat untuk menabur garam untuk mencegah hujan di kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat

"Jadi untuk TMC, kami bekerjasama dengan BRIN. Dan kami menerbangkan pesawat penabur garam. Sehinga kejadian hujan yang akan masuk ke daerah Balige ini, akan kita coba dikurangi," katanya, Jumat (24/2/2023).

Furqon menjelaskan sejumlah pesawat penabur garam sudah diterbangkan sejak tadi pagi. Seluruh pesawat di stanby di Lanud Soewondo, Kota Medan. Pesawat itu, akan beroperasi dalam tiga hari ini.

"TMC sendiri sudah terbang sejak pagi hari. Jadi jika ada pertumbuhan awan, kita akan menuai awan tersebut. Jadi tidak sore saja, sudah terbang berulang kali. Jadi, pesawat terbang dari Lanud Soewondo," jelasnya.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut