get app
inews
Aa Read Next : Pengembangan Kawasan Danau Toba: Membangkitkan Ekonomi Sumatera Utara

Hotel di Balige dan Kawasan Danau Toba Penuh Jelang F1 Powerboat

Selasa, 21 Februari 2023 | 18:21 WIB
header img
Hotel Niagara di kawasan Danau Toba menjadi salah satu hotel yang sudah penuh untuk pemesanan kamar dalam rangka pagelaran F1H2O di Balige pada 24-26 Februari 2023 mendatang. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pagelaran Kejuaran Dunia Perahu Motor Formula 1 atau F1 Powrboat (F1H2O) yang digelar di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023 mendatang, tingkat hunian hotel melesat hingga 100 persen. Bahkan, untuk hotel bintang 5 pun sudah penuh.

Sekretaris BPC Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Simalungun, Rahimal K Noor mengatakan, untuk di hari H sudah penuh khususnya hotel bintang 5, seperti Hotel Niagara, Hotel Khas Parapat, dan lainnya.

"F1H2O yang diadakan di Balige kapasitasnya tidak cukup. Diprediksi akan dihadiri 5.000 hingga 7.000 pengunjung bahkan bisa lebih. Bahkan, minat menonton juga pasti lebih dan tidak bisa menampung semua," katanya, Selasa (21/2/2023).

Disebutkannya, terdapat 2.451 kamar di sekitar Danau Toba, meliputi Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbang Hasundutan. Rinciannya yakni, 2.204 kamar hotel dan 247 kamar home stay di Toba. 

Dari jumlah kamar itu, Kabupaten Toba menyediakan hotel dengan 1.024 unit kamar dan 247 home stay. Jumlah lainnya di Simalungun 796 kamar, Samosir 286 kamar, dan Humbahas 98 kamar.

"Namun, karena belum semua perhotelan yang ada di wilayah tersebut ikut bergabung dalam asosiasi, sehingga masih ada data yang belum terekrut," sebutnya.

Lebih lanjut, Ketua PHRI Sumut, Denny Wardhana menuturkan, pihaknya mendukung agenda seperti ini. Sebab, daerah Toba semakin banyak yang mengetahui dan otomatis UMKM dan pelaku hotel dan restoran juga meningkat.

"Kami sudah lakukan rapat dengan Kementrian Pariwisata dan dinas terkait di daerah mereka meminta kami tetap menjalankan protokol kesehatan. Serta menyambut tamu dengan baik, tidak menaikkan harga di luar kewajaran," ujarnya. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut