get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

6 Tips Menjaga Tensi Tetap Normal, Nomor 1 Menurunkan Berat Badan

Senin, 13 Februari 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEDAN, iNewsMedan.id - Tensi harus selalu dalam kondisi normal. Sebab, tensi perlu dijaga agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan lain bagi tubuh. 

Agar tensi atau tekanan darah di angka normal. Apa saja caranya? Yuk disimak, seperti dirangkum dari laman Mayoclinic.

1. Menurunkan berat badan

Jika berat badan Anda berlebih, maka harus menurunkannya. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur. Hal ini juga dapat mengontrol tekanan darah.

2. Teratur olahraga

Rutian olahraga sekira 30 menit setiap hari dalam seminggu sangat bermanfaat. Olahraga bisa menurunkan tekanan darah 5 hingga 8 mm Hg. Olahraga harus dilakukan secara konsisten agar tekanan darah tidak naik lagi.

3. Makan makanan bergizi

Makanlah makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak serta kurangi lemak jenuh dan kolesterol. Ini dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 mm Hg.

4. Kurangi konsumsi natrium

Kurangilah konsumsi natrium dalam makanan. Cara ini bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah 5 hingga 6 mm Hg. Lalu dapat dilakukan dengan tidak menambahkan garam berlebih pada makananmu.

5. Kurangi Konsumsi kafein

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mm Hg pada orang yang jarang mengonsumsinya. Tetapi orang yang minum kopi secara teratur mungkin mengalami sedikit atau tidak ada efek pada tekanan darahnya. Untuk mengetahui apakah kafein meningkatkan tekanan darah Anda, periksa tekanan dalam waktu 30 menit setelah minum minuman berkafein.

6. Hindari stres

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Salah satu caranya seperti hindari mencoba melakukan terlalu banyak dan belajar mengatakan tidak. Pahami ada beberapa hal yang tidak dapat diubah atau dikendalikan, tetapi Anda dapat berfokus pada cara bereaksi.

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul 6 Cara Menjaga Tensi Tetap Normal, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut