get app
inews
Aa Read Next : Tren ‘Outsourcing’ Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Wajib Tahu! Ini 5 Cara Merawat Sepeda yang Baik dan Benar

Sabtu, 11 Februari 2023 | 13:00 WIB
header img
Ilustrasi bengkel sepeda. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Tren mengendarai sepeda terjadi pada masa pandemi Covid-19. Para pecinta olahraga ini bertaburan di seluruh Indonesia.

Hobi Sepeda juga dapat menyehatkan jantung, paru-paru, dan memperkuat masa otot. Ini karena bersepeda sudah dikenal masuk ke dalam jenis olahraga kardio yang dibutuhkan.

Namun di sisi lain dibutuhkan komitmen dari para penghobi sepeda. Umumnya mereka enggan merawat sepedanya dengan rutin karena menyepelekan sepeda yang tak sekompleks kendaraan lain.

Dampak paling merugikan tentu saja saat sepeda rusak ketika asyik dibawa perjalanan jauh. Misalnya kerusakan pada komstir atau lahernya, akibat jarang dirawat serta servis rutin.

Berikut cara merawat sepeda agar tetap awet yang telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

Cara Merawat Sepeda Agar Tetap Awet

1. Menjaga Kebersihan Sepeda

Hal paling sepele agar sepeda tetap awet yakni menjaga kebersihan sepeda. Komponen sepeda yang sangat butuh kebersihan yakni bagian kaki-kaki karena kotoran akan mengganggu perputarannya.

Selain mencucinya secara rutin, owner juga dapat mengelap dengan pembersih instan serta menggunakan chain lube semprot pada bagian rantai.

2. Gunakan Pelumas

Penggunaan pelumas pada sepeda tentu sangat penting. Terutama pada bagian yang mengandung gesekan dan berbahan besi seperti rantai, komstir, as, hingga bagian dalam kabel rem.

Penggunaan pelumas secara rutin akan menambah umur komponen tersebut karena terhindar dari karat.

3. Lakukan Pengecekan Tekanan Angin

Fungsi dari pengecekan tekanan angin yakni untuk merawat ban, hingga velg. Jika tekanan terlalu tinggi maka usia ban tidak lama, sebaliknya jika terlalu lemah, velg akan terancam.

Tekanan ban yang dianjurkan ialah sekitar 80 hingga 130 psi. Sedangkan untuk sepeda gunung diperlukan tekanan sekitar 25 hingga 35 psi.

4. Perbaiki Kerusakan Kecil

Kerusakan kecil pada sepeda yang dibiarkan akan bertambah parah. Sehingga kalian harus rutin memperbaiki kerusakan pada sepeda kecil apapun itu. Adapun biasanya bagian kerusakan di bottom bracket, pedal, hubset, headset, pivot rear shock, dan masih banyak lainnya.

Sejatinya si empunya sepeda bisa memperbaikinya dari rumah.

5. Lakukan Servis Secara Rutin

Jika sepeda dalam keadaan baik-baik saja tanpa ada suara tambahan maka hanya perlu cek secara mandiri. Namun jika mulai ada suara tambahan yang dapat terindikasi kerusakan maka segera bawa ke bengkel untuk servis rutinan.

Artikel ini telah terbit di halaman Sportstars.id dengan judul 5 Cara Merawat Sepeda Agar Tetap Awet: Salah Satunya Pelumas!

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut