get app
inews
Aa
Read Next : Puluhan Rumah Terendam, Polres Taput Beri Bantuan kepada Korban Banjir di Kecamatan Pahae

Cegah Banjir, Pemko Medan Bangun Kolam Retensi di USU dan Medan Selayang

Selasa, 31 Januari 2023 | 11:58 WIB
header img
Pemko Medan bangun kolam retensi di USU dan Medan Selayang. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution akan membangun dua kolam retensi di kampus Universitas Sumatera Utara (USU) dan Jalan Harmonika Baru, Medan Selayang. Hal tersebut dilakukan Pemko Medan untuk program prioritas penanganan banjir.

"Kolam retensi itu nantinya dapat menyelesaikan masalah banjir di kawasan sekitar lokasi," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting, kemarin di Medan.

Topan mengatakan, sumber dana pembangunan dua kolam retensi ini adalah dari APBD Kota Medan. "Untuk pembangunan di USU berbiaya kurang lebih 20 miliar rupiah, sedangkan di Medan Selayang kurang  lebih 30 miliar rupiah," katanya.

Topan menjelaskan, pilihan lokasi pembangunan tentunya melalui pertimbangan yang matang.  Salah satu yang pasti, di sekitar lokasi pembangunan kolam retensi dilalui sungai atau saluran primer. Air yang berasal dari saluran sekunder dan tersier akan masuk dan berkumpul di saluran primer.

"Selama ini, saat hujan berkepanjangan, Sungai Selayang selalu meluap karena bertemu dengan Sungai Sikambing di Simpang Titi Bobrok. Untuk itu kita tahan dulu airnya di kolam retensi, sampai debit air normal kembali, baru kita alirkan secara perlahan," jelasnya.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut