get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Cara Tukar Uang Baru di Bank BCA, Mandiri, BNI, dan BRI? Berikut Penjelasannya

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Indonesia, Nomor 2 Punya Lahan 100.000 Hektare Sawah di Papua

Selasa, 27 Desember 2022 | 11:00 WIB
header img
Garibaldi Thohir masuk dalam daftar pengusaha muslim terkaya di Indonesia. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Daftar pengusaha muslim terkaya di Indonesia ini menarik untuk diketahui. Di mana, salah satu pengusaha ini memiliki lahan 100.000 hektare sawah di Papua.

Kekayaan yang dimiliki pengusaha ini tak hanya berasal dari satu sektor seperti saja, namun juga dari sektor lainnya antara lain bank, properti, bahkan media.

Lalu, siapa saja pengusaha muslim terkaya di Indonesia? simak daftarnya sebagai berikut:

1. Abdul Rasyid

Abdul Rasyid, merupakan seorang pengusaha asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Salah satu pengusaha muslim ini memiliki sejumlah bisnis. Dia merupakan pendiri perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), juga Citra Borneo Indah (CBI) Group yang membawahi SSMS dan PT Citra Borneo Utama (CBU).

Pria yang lahir di Desa Pembuang Hulu, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah ini masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018, dengan total kekayaannya saat itu sebesar 600 juta dolar AS.

Selain perkayuan dan kelapa sawit, Abdul Rasyid juga mengelola peternakan sapi modern skala besar dan yayasan Abdul Rasyid Foundation. Usaha yang dimilikinya ini tidak hanya membawa sukses untuk dirinya sendiri, namun juga mampu memberikan ribuan lapangan pekerjaan bagi masyarakat terbuka.

2. Aksa Mahmud

Nama Aksa Mahmud sudah tidak asing di telinga masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia dikenal sebagai pengusaha muda dan politikus sukses. Bisnis dari pemilik dan pendiri Bosowa Corp ini mencapai puluhan, mulai dari semen, properti, otomotif, logistik, jasa keuangan, infrastruktur, pertambangan, energi, media, hingga agribisnis, termasuk 100.000 hektare sawah di Papua.

Aksa mengawali bisnis dengan memiliki dealer Datsun pada 1970-an, pundi kekayaan pengusaha kelahiran 1945 itu sebagian besar didapat dari produksi semen Bosowa. Diketahui, Aksa pernah menjual 23 persen sahamnya di PT Nusantara Infrastructure Tbk. Dari hasil penjualan tersebut, Aksa membangun pabrik semen kedua di Maros, Sulsel.

Aksa Mahmud pernah masuk daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes sejak tahun 2013 dengan jumlah kekayaan 780 juta dolar AS dan meningkat menjadi 860 juta dolar AS pada 2014. Namun, namanya terlempar dari jajaran 50 orang terkaya Indonesia sejak 2020 hingga saat ini.

3. Garibaldi Thohir

Pengusaha muslim terkaya lainnya, yaitu Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir. Dia masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun 2021. Boy yang merupakan kakak Menteri BUMN Erick Thohir berada di urutan ke-17 dengan kekayaan mencapai 2,6 miliar dolar AS.

Boy Thohir saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), salah satu perusahaan batu bara teratas. Boy yang lahir di Bandar Lampung, 1 Mei 1965 ini merupakan anak dari Teddy Thohir, salah satu co-owner Astra International yang juga dikenal dengan lini bisnisnya di berbagai sektor.

Tak hanya Adaro yang menjadi sumber kekayaannya, Boy Thohir juga diketahui memiliki saham di PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), Nusantara Pelabuhan Handal, dan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi Hutchison 3 Indonesia. Itu tadi ulasan pengusaha muslim terkaya di Indonesia. Semoga menjadi pengetahuan baru.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 3 Pengusaha Muslim Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut