get app
inews
Aa Read Next : Catat, Ini Tips Gunakan Listrik Dengan Aman saat Hadapi Cuaca Ektrem

Ini Rahasia Rumput Lapangan Sepak Bola Piala Dunia 2022 di Qatar yang Tahan dengan Cuaca Ekstrem

Senin, 19 Desember 2022 | 11:54 WIB
header img
Ini Rahasia Rumput Lapangan Sepak bola Piala Dunia 2022 di Qatar yang Tahan dengan Cuaca ekstrem. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, InewsMedan.id - Rumput lapangan sepak bola untuk perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar menyimpan rahasia canggih. Bahkan, di desain secara khusus oleh Atlas Turf Internasional.

Dibandingkan di negara-negara lain yang pernah menggelar perhelatan Piala Dunia, rumput lapangan sepak bola yang ada di delapan stadion Qatar harus menghadapi kondisi cuaca panas yang ekstrem. Belum lagi selama 29 hari 832 pesekabola dari 32 negara menginjak-injak rumput tersebut.

Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan pesepakbola dunia terkenal lainnya telah dengan brutal menginjak rumput lapangan sepak bola itu. Uniknya kondisi yang sangat prima masih diperlihatkan rumput-rumput tersebut. 

Hal itu ternyata terjadi karena rumput yang digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar bukanlah rumput biasa. Rumput tersebut dikembangkan oleh Atlas Turf Internasional dengan menerapkan sains khusus. Rumput yang dinamakan Platinum TE Paspalum itu adalah rumput lanau atau rumput pantai yang dikenal dengan nama lain Paspalum vaginatum. 

Charles O Gardner, Profesor Agronomy dari Universitas Nebraska mengatakan rumput pantai memang sangat berbeda dibanding rumput-rumput lain. Rumput pantai jauh lebih tangguh terhadap kondisi ekstrem.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut