get app
inews
Aa Read Next : Kadernya Ditetapkan Sebagai Tersangka, DPD Demokrat Sumut Angkat Bicara

Gali Fondasi Rumah, Tukang Bangunan di Medan Temukan Benda Diduga Mortir 

Jum'at, 09 Desember 2022 | 15:58 WIB
header img
Bom Mortir Jenis Proyektil Ditemukan Tukang Bangunan Saat Menggali fondasi Rumah (istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Seorang tukang bangunan menemukan bom jenis proyektil saat menggali pondasi rumah di Jalan Rawa II, Gang Langgar, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai pada Senin (5/12/2022) lalu. 

Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu Harles Gultom mengatakan bahwa laporan penemuan benda mencurigakan yang diduga mortir jenis proyektil itu dilaporkan ke Polsek Medan Area pada Kamis (8/12/2022).

"Semalam (Kamis) kita menerima laporan warga terkait penemuan benda yang diduga mortir," katanya, Jumat (9/12/2022).

Harles menceritakan bahwa penemuan itu berawal saat tukang bangunan bernama Hardianto sedang  bekerja menggali pondasi bangunan dan  menemukan benda mencurigakan dengan posisi berdiri (bagian lancip benda menghadap ke atas). Kemudian benda tersebut diangkat dan diletakkan di dalam lubang pondasi bangunan yang sedang digali. 

"Selanjutnya tukang melaporkan kepada pemilik bangun pada Rabu (7/12/2022)," ucapnya. 

Kemudian, kata Harles pemilik bangunan mendapati benda mencurigakan tersebut berada di dalam lubang fondasi, selanjutnya tukang bangunan mengangkat benda mencurigakan tersebut keluar Dali lobang pondasi yang dibangun dan diletakkan di samping lobang pondasi.

Pada Kamis (8/12/2022) pemilik bangunan langsung mendatangi Polsek Medan Area dan melaporkan penemuan benda mencurigakan tersebut. Selanjutnya personil Polsek Medan Area bersama pelapor mendatangi TKP untuk melakukan pengecekan.

"Ternyata benar di TKP ada sebuah benda yang diduga mortir," ujar Kanit Reskrim Polsek Medan Area. 

Kata Harles, setelah melihat adanya benda yang diduga sebagai mortir, pihaknya langsung menghubungi tim Jihandak Sat Brimob Polda Sumut untuk mengamankan benda tersebut. 

"Adapun ciri-ciri benda mencurigakan yang ditemukan tersebut, panjang benda sekitar 40 - 50 cm, diameter sekitar 5 - 10 cm, diduga berbahan metal/besi, dan berat sekitar 5kg," terang Harles. 

"Saat ini, benda temuan yang diduga bom militer jenis proyektil dibawa dan diamankan di Mako Sat Brimob Polda Sumut," tandasnya.

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut