get app
inews
Aa Read Next : Aksi Terpuji Babinsa TNI AD, Beli Pakaian Lalu Kenakan kepada Lansia OGDJ Telanjang di Medan Marelan

Tak Hanya Lansia, Dokter Sebut Pikun Bisa Terjadi pada Anak Muda

Rabu, 30 November 2022 | 15:00 WIB
header img
Ilustrasi pikun. (Foto: Relationship diaries)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Orang yang masih berusia muda ternyata bisa terkena penyakit pikun. Meski, penyakit ini identik dengan kaum lansia.

Hal itu disampaikan Dokter Spesialis Saraf dr Pukovisa Prawiroharjo, SpS(K), Ph.D.

Lalu apa benar pikun bisa menyerang anak muda?

"Biasanya pikun terjadi pada anak muda akibat trauma otak setelah kecelakaan, penggunaan NAPZA, atau akibat HIV," ujar staf pengajar di Departemen Neurologi FKUI-RSCM.

Dikutip dari Antara, dr Pukovisa menuturkan, orang-orang dapat menanggulangi pikun salah satunya dengan mengenali tanda dan gejala LALILULELO yang merupakan akronim dari Labil (sering labil emosi atau pendiriannya), Linglung, Lupa, Lemot, dan Logika menurun.

Selain itu, menanggulangi pikun juga bisa dengan menerapkan formula 4-4-2 untuk menganalogikan persyaratan otak tetap sehat. Formula ini antara lain bebas empat pengganggu otak yakni zat neurotoksik dan adiktif, penyakit karidovaskular dan neurotoksik, pengalaman yang merusak otak, serta penyakit otak).

Kemudian empat bahan baku optimal yang dapat menjaga kesehatan otak yakni nutrisi, istirahat yang cukup, olahraga dan aktivitas seni, serta koleksi memori yang bernilai misalnya memilih memori atau pembelajaran sesuai prioritas untuk pengembangan diri.

Terakhir, sambung dr Pukovisa, yakni dua karakter mulia berupa kecerdasan dan kreativitas.

Di sisi lain, dia juga menyarankan orang-orang melakukan deteksi dini demensia dan tak termakan hoaks. Menurut dia, sekitar 20-30 persen demensia memiliki hubungan dengan genetik, sehingga khususnya orang dengan riwayat keluarga demensia, perlu melakukan deteksi dini.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut