get app
inews
Aa Read Next : Kisah Penemu Susu Milo, Ilmuwan yang Ingin Atasi Masalah Kekurangan Gizi Anak-anak pada 1934

Kabar Baik, Ilmuwan Temukan Cara Kembalikan Kemampuan Berjalan Orang Lumpuh

Senin, 14 November 2022 | 15:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kabar baik bagi orang yang menderita lumpuh. Di mana, sejumlah ilmuwan asal Swiss NeuroRestore dikabarkan berhasil menemukan cara mengembalikan kemampuan berjalan orang yang lumpuh.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature, para peneliti mampu mengembalikan kemampuan berjalan pada orang lumpuh dengan mengidentifikasi neuron.

Dilansir dari BGR, Senin (14/11/2022), para peneliti menerbitkan temuan mereka kembali pada bulan September. Namun, penemuan itu menjadi berita utama lagi dalam beberapa pekan terakhir.

Ilmuwan membuat neuron yang diaktifkan dan dibentuk ulang oleh stimulasi sumsum tulang belakang. Dan, ketika berhasil, itu memungkinkan orang yang lumpuh untuk berjalan lagi.

Untuk mempelajari efektivitas neuron dalam memulihkan kemampuan berjalan dan menyembuhkan kelumpuhan, para peneliti memulainya dengan tikus.

Studi itu menunjukkan dengan tepat saraf mana yang dibutuhkan untuk dirangsang agar mencapai hasil yang diinginkan. Dari sana, para peneliti menguji temuan mereka pada sembilan sukarelawan dengan cedera tulang belakang kronis.

Untuk diketahui, salah satu alasan terbesar cedera tulang belakang menyebabkan kelumpuhan di kaki adalah gangguan sinyal dari otak kita ke sel-sel saraf di tulang belakang yang mengatur berjalan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut