get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Terkini Aktor Lawas Dorman Borisman Hari Ini Jalani Amputasi, Kaki Kanan Bengkak Membiru

5 Trik Mengurangi Porsi Makan Tanpa Takut Kelaparan, Yuk Dicoba

Senin, 14 November 2022 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi makan. (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas trik mengurangi porsi makanan tanpa takut kelaparan. Di mana, hal ini menjadi salah satu cara menjaga berat badan agar tetap stabil

Berat badan yang stabil, erat kaitannya dengan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Mengingat kelebihan berat badan, terkait dengan banyak penyakit akut. Sebut saja mulai dari diabetes, jantung, darah tinggi, dan sebagainya.

Nah, dalam mengurangi porsi makan sebetulnya Anda tak perlu takut merasa kelaparan. Dengan trik yang tepat, Anda bisa mengurangi porsi makan tanpa takut kelaparan. Apa saja triknya? Melansir Healthline, Minggu (14/8/2022) berikut ulasan singkat lima triknya di bawah ini.

1. Makan protein setiap makan atau snacking: Banyak penelitian membuktikan bahwa makanan sumber protein bisa meningkatkan rasa kenyang lebih besar, dibandingkan jika mengonsumsi makanan sumber karbohidrat atau lemak. Jika perut terasa lebih kenyang, otomatis porsi yang dimakan juga tidak akan banyak kan?

2. Minum sebelum makan: Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum air mineral sekitar dua gelas (500 ml) sebelum sarapan bisa makan 13 persen lebih sedikit dibandingkan orang-orang yang tidak minum sebelum makan. Air mineral dapat memuaskan dahaga sebelum makan, tanpa meningkatkan asupan kalori.

NEXT

3. Pakai piring dan garpu yang lebih kecil: Siapa sangka ternyata, ukuran piring yang dipakai saat makan dapat memengaruhi porsi makan yang kita ambil loh! Kenapa? Merujuk pada satu penelitian, hal ini karena orang cenderung mengisi piring makannya dengan makanan sekitar 70 persen, terlepas dari ukuran piring yang digunakan. Sehingga, jika kita pakai piring lebih kecil, secara tidak sadar mungkin porsi makan juga jadi ikut berkurang.

4. Jangan melakukan hal lain saat makan: Terapkanlah apa yang disebut dengan “mindful eating” setiap kali makan. Makanlah dengan perhatian penuh dan jauhi gangguan, seperti bermain ponsel, menonton televisi, dan komputer ketika sedang makan. Hal ini membantu tubuh dapat merespon sinyal kelaparan dan kekenyangan. Sehingga, kita akan lebih mampu merasakan kapan harus berhenti makan saat merasa perut sudah kenyang.

5. Tambahkan cabai pedas: Senyawa dalam cabai yang disebut capsaicin sebenarnya bisa membantu mengurangi nafsu makan dan rasa lapar. Dalam suatu penelitian, peserta yang mengonsumsi cabai merah pedas sebagai bagian dari makanan pembuka, makan 190 kalori lebih sedikit selama makan siang dan camilan berikutnya daripada kelompok orang-orang yang makan tanpa cabai dan bumbu rempah-rempah. Selain itu, menambahkan cabai pedas atau jahe ke dalam makanan, disebutkan bisa membantu kita merasa lebih kenyang juga dan akhirnya bisa makan tidak berlebihan.

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul Tak Perlu Takut Kelaparan, Ini 5 Tips Mengurangi Porsi Makan

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut