get app
inews
Aa Read Next : Gigi Tumbuh Berantakan Ternyata Dipengaruhi Kondisi Kesehatan Mental 

4 Cara Lepas dari Kecanduan Seks, Nomor 2 Ikut Pertemuan Kelompok 

Kamis, 10 November 2022 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi Berhubungan Badan. (Foto: Shutterstock)

iNewsMedan.id - Orang kecanduan seks berpotensi mengalami masalah kesehatan mental. Para pecandu sulit lepas dari impuls hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa penelitian juga menyebutkan kecanduan seks memengaruhi banyak lini kehidupan, yang mana pada akhirnya berdampak buruk bagi kelangsungan hidup. Ini alasannya kenapa orang yang kecanduan seks perlu dibimbing untuk pulih dari masalahnya tersebut, bukan malah ditinggalkan atau dibiarkan begitu saja.

Kecanduan seks dapat diterapi. Ya! Ada upaya pengobatan yang bisa dilakukan untuk kondisi kecanduan seks. Berikut ulasannya yang dikutip dari Healthline.

1. Perawatan rawat inap

Di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan tersedia program pemulihan kecanduan seks. Pada kebanyakan kasus, rawat inap untuk kecanduan seks dilakukan selama 30 hari untuk membantu mereka mendapatkan kembali kendali atas impuls yang susah dikendalikan.

2. Ikut pertemuan kelompok

Mengikuti program khusus untuk mengatasi kecanduan seks bisa jadi alternatif cara lepas dari kecanduan seks. Di pertemuan itu, anggota tidak dipaksa menghentikan seks sama sekali, tapi diajak menahan diri dari perilaku seksual.

3. Terapi perilaku kognitif

Jenis terapi ini dapat membantu seseorang mengidentifikasi pemicu impuls seksual dan pada akhirnya mengajari mereka cara mengubah perilaku. Tujuan tersebut dicapai melalui sesi one by one dengan terapis kesehatan mental.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut