get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi Tektonik M3.3 Guncang Taput, Gempa Akibat Aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun

Taput Kembali Diguncang Gempa, Kali Ini Berkekuatan M= 3.4

Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:50 WIB
header img
Taput Kembali Diguncang Gempa, Kali Ini Berkekuatan M= 3.4

MEDAN, iNewsMedan.id - Gempa bumi tektonik M=3.4 kembali mengguncang Tapanuli Utara (Taput), Rabu (19/10/2022) siang. Gempa bumi ini merupakan rangkaian dari gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5.8 tanggal 1 Oktober 2022 lalu. 

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho mengatakan bahwa gempa bumi itu terjadi pukul 13:27 WIB, daerah Tapanuli Utara. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3.4. 

"Episenter terletak pada koordinat 2.06 LU dan 98.98 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Timur Laut Tapanuli Utara - Sumut pada kedalaman 5 km," katanya. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun. 

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan dirasakan III MMI di Sipoholon dan Tarutung (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," terang Hendro. 
 
"Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5.8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02:28 WIB," ungkap Hendro. 

Hendro mengimbau kepada masyarakat  agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," imbaunya.

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut